Bingung Saat Hendak Pulang Ke Kampung Halaman, TKW Asal Purwakarta Dua Hari Tertahan Di Bandara Soekarno Hatta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mendapatkan laporan terkait kondisi TKW asal Purwakarta dalam kondisi kebingungan serta selama dua hari berada dalam ruang CUL (Common Use Lounge) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta bekerja cepat.

Siti sendiri diketahui telah bekerja selama 8 bulan sebagai TKW di Arab Saudi.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Purwakarta, Tuti Gantini, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan TKW asal Desa Gunung Karung, Maniis, bernama Siti Maesaroh (23) dalam kondisi bingung selama dua hari di Bandara selepas turun dari pesawat.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Spot Internet Gratis Untuk Masyarakat Diperbanyak

“Selasa sore (29 Januari 2019) tadi kita mendapatkan laporan, TKW ini seperti orang linglung bahkan sudah dua hari berada di Bandara,” ujar Tuti, ketika dihubungi melalui selulernya, Kamis (31/1/2019).

Kondisi Siti sendiri diketahui berkat laporan pihak bandara melalui BP3TKI, dimana selama dua hari TKW itu seperti kebingungan di ruang CUL. Sedangkan pihak bandara tidak mengizinkan Siti untuk meninggalkan bandara, karena melihat kondisinya tersebut.

Baca Juga:  Jawara Bogor Raya Dorong Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024, Pelaku UMKM Beri Dukungan Penuh

“Ya pihak bandara menahan untuk pulang karena kondisi psikologisnya, sehingga mereka mengontak BP3TKI,” ucapnya.

Setelah mendapatkan kabar dari pihak BP3TKI Bandung, Disnakertrans Purwakarta langsung bergerak cepat, dengan menghubungi aparat desa setempat untuk memastikan identitas.

Baca Juga:  Personil Polsek Sukatani Berhasil Gagalkan Aksi Percobaan Bunuh Diri

“Kita pastikan dahulu datanya dan ternyata benar. Kita langsung koordinasi dengan pihak BP3TKI serta bandara,” ujar dia.

Setelah kecocokan identitas serta diamini bahwa Siti merupakan warga Gunung Karung, Disnakertrans langsung menindaklanjuti agar Siti bisa kembali ke Purwakarta.

“Alhamdullilah kemarin pagi kita jemput dan sudah kembali ke pihak keluarganya,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat