Harkonas 2019 Akan Dirayakan Di Jawa Barat

JABARNEWS | JAKARTA – Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), rencananya akan dirayakan di Kota Bandung, Jawa Barat, sekitar bulan Maret 2019. Peringatan Harkonas, merupakan hari spesial terkait perlindungan hak-hak konsumen.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebutkan, negara berupaya hadir dalam hal pemberdayaan konsumen. Ini karena acap kali pihak konsumenlah yang sering menjadi pihak yang lemah hingga tidak mampu memperjuangkan kepentingannya.

“Termasuk saya pernah beli barang, tapi tidak sesuai ekspektasi. Nah hal-hal seperti ini, bagaimana dengan mudah sebagai konsumen kita bisa mengadu,” kata Emil, panggilan Gubernur, di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Baca Juga:  Ketum FOKDEM: Pengurus Terus Tingkatkan Intelektualitas

Mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, adanya perayaan Harkonas adalah untuk meningkatkan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya.

Selain itu, lewat Harkonas, diharapkan konsumen bisa menjadi subjek penentu kegiatan ekonomi, sekaligus menghadirkan konsumen cerdas yang mencintai produk dalam negeri.

“Kami mendukung dan berterima kasih, Jawa Barat dipilih sebagai tuan rumah Hari Konsumen Nasional 2019,” katanya.

Emil menyebutkan, bahwa kelas konsumen di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, memiliki daya beli yang cukup kuat. Pun kekuatan tersebut disinyalir akan naik dua kali lipat dalam jangka waktu 11 tahun. Itu menandakan perlindungan terhadap konsumen pun harus menguat.

Baca Juga:  Jabar Dalam Upaya Penanganan Bencana Alam

“Nah kesadaran itu akan kita luncurkan di bulan Maret 2019, nanti tanggalnya menyusul, sekaligus akan ada peresmian kantor metrologi dan pasar tradisional,” katanya.

“Jawa Barat juga mewakili konsumen terbesar karena penduduknya hampir 50 juta jiwa, artinya 20 persennya Indonesia,” sambung Emil.

Ditambahkannya, perdagangan digital di Jawa Barat juga tinggi. Menandakan perlindungan bagi konsumen digital juga perlu diramu sedemikian rupa.

Baca Juga:  BNN Amankan Dua Juta Butir Pil PCC Siap Edar Berkedok Pabrik Sumpit

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita, mengatakan, kegiatan Hari Konsumen Nasional akan diselenggarakan di Bandung. Saat itu juga, akan diresmikan sekitar 250 kantor metrologi.

“Kali ini Harkonas dengan logo dan maskot khas Jawa Barat, ada kearifan lokal yang ditonjolkan,” katanya.

Adapun logo Harkonas 2019 Jawa Barat adalah seekor ikan lumba- lumba, yang memakai iket, dan sarung khas Jawa Barat. Lumba-lumba dipilih karena dikenal sebagai hewan cerdas, menandakan konsumen juga harus cerdas dalam berbelanja. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat