Pergeseran Tanah Rusak Rumah-rumah Warga Di Kecamatan Cibugel Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Pergeseran menyebabkan tanah lahan sawah dan ladang seluas 5 hektare di Dusun Sukamaju, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, rusak, Jumat (1/2/2019). Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian itu, namun pemilik lahan sawah dan ladang mengalami kerugian material.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo melalui Kapolsek Cibugel AKP Asep Dedi mengatakan, akibat adanya pergeseran tanah sawah dan ladang itu, tempat penampungan air dalam program Pamsimas milik Desa Cibugel mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi. Sehingga harus segera diperbaiki untuk difungsikan kembali.

Baca Juga:  Kode Redeem AOV 3 Agustus 2022, Menangkan Hadiah dari Garena

“Pergeseran tanah itu menyebabkan putusnya saluran air yang mengalir ke rumah-rumah penduduk dan menimbulkan lubang-lubang pada tanah yang mengalami pergeseran,” kata Asep Dedi kepada Galamedianews.com di lokasi pergeseran tanah, Jumat siang.

Baca Juga:  Buruan Klaim Kode Redeem Game FF, Ada Item Gratis Hingga Skin Senjata

Setelah peristiwa itu, kata Asep Dedi, pihaknya beserta anggota bergabung dengan Kepala Desa Cibugel Rusman, Kepala Desa Jaya Mekar Idi Kusnadi, Bhabinsa Cibugel serta Satpol PP Kecamatan Cibugel bersama-sama memantau ke lapangan.

Baca Juga:  BMKG: Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Ambon

“Kami bersama-sama melakukan perbaikan saluran air yang terputus dan melakukan pendataan kepada pemilik sawah dan ladang,” kata Asep Dedi.

Ia berkoordinasi dengan camat Cibugel dan rencananya akan dirapatkan pada rapat mingon dengan BPBD Kabupaten Sumedang. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat