Pendaftaran SNMPTN 2019 Dibuka Senin Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 dibuka mulai Senin (4/2/2019) ini.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, Budi Prasetyo, menuturkan, pendaftaran SNMPTN dimulai Senin ini, pukul 15.00 sampai sampai 14 Februari 2019, pukul 22.00.

“Sebelum mendaftar, calon mahasiswa harus melihat terlebih dulu apakah sudah eligible (berhak atau memenuhi syarat) untuk mendaftar SNMPTN,” katanya, dikutip Tempo, Senin.

Budi menuturkan, calon mahasiswa bisa melihat informasi SNMPTN di website SNMPTN dengan memasukkan username dan password yang sudah diperoleh pada waktu verifikasi Pangkal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga:  Ada Buaya Berkeliaran Di Kanal Cikarang-Bekasi-Laut, Warga Deg-degan

“Eligible atau tidaknya berdasarkan pemeringkatan dari isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi untuk enam mata pelajaran ujian nasional,” terangnya.

Dikatakannya, eligibilitas juga ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah yang tercantum di web SNMPTN. Dari hasil eligibilitas, jumlah siswa yang eligible untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang. Sedangkan jumlah sekolah yang siswanya eligibel sebanyak 14.744 sekolah.

Baca Juga:  Azis Optimis Menangkan Pilwakot Cirebon

“Jika sudah eligible, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT melakukan pendaftaran di laman www.snmptn.ac.id. Mereka boleh mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan jika ada,” ujarnya.

Untuk siswa pendaftar program studi bidang seni dan olahraga diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan kepala sekolah. Setelah itu, pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran peserta SNMPTN.

Baca Juga:  Kasasi Buni Yani Ditolak MA, Tetap Dihukum 1,5 Tahun Penjara

“Setelah itu dilakukan seleksi kemudian diumumkan siapa yang diterima perguruan tinggi mana untuk jalur SNMPTN,” katanya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, SNMPTN 2019 hanya bisa memilih dua program studi. Tetapi bisa dari perguruan tinggi yang sama atau dua perguruan tinggi. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat