Khidmatnya Suasana Jelang Perayaan Imlek Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Umat Konghucu di Kabupaten Purwakarta mengharapkan suasana kondusif pada perayaan Tahun Baru Imlek 2570, pada Selasa (5/2/2019). Dengan begitu, seluruh rangkaian ibadah Imlek, baik di Klenteng maupun di komplek pemukiman warga Tionghoa bisa berlangsung khidmat.

Ko Pie Kong yang akrab disapa Mulyadi (56), Jemaat Klenteng Shen Tee Bio, Kelurahan Nagri Kidul, Purwakarta, mengatakan, suasana kerukunan hidup umat beragama di Purwakarta hendaknya tetap tercipta agar perayaan Imlek bisa berlangsung aman.

“Kami berharap umat bergama di Kabupaten Purwakarta tetap saling pengertian agar tercipta ketertiban seperti Imlek tahun-tahun sebelumnya. Kami mengharapkan tidak ada gangguan perayaan Imlek, khususnya pada musim kampanye Pemilu seperti sekarang ini,” ujar Mulyadi, saat ditemui di kelenteng Shen Tee Bio, Senin (4/2/2019) petang.

Baca Juga:  Corona Menggila, Tempat Isolasi Postif Covid-19 di Bekasi Penuh

Hal senada diungkapkan pengurus Klenteng Shen Tee Bio, Cie Lien Ong (55) atau yang akrab disapa Sholeh. Menurut Sholeh, pihaknya sudah mempersiapkan para jemaat untuk beribadah di Klenteng Shen Tee Bio.

“Di Purwakarta hanya ada satu klenteng yang mengadakan perayaan Imlek. Tahun ini kami harapkan hal yang sama dengan tahun lalu, aman dan kondusif. Untuk itu dukungan segenap lapisan masyarakat sangat dibutuhkan agar perayaan Imlek di Purwakarta berjalan lancar lagi seperti tahun sebelumnya,” kata Sholeh.

Baca Juga:  Soal Pemberantasan Narkoba Di Indonesia, Ini Saran Ma'ruf Amin

Selain melaksanakan ibadah mulai Senin (4/2/2019) malam hingga Selasa (5/2/2019), warga Tionghoa, khususnya umat Konghucu di Kabupaten Purwakarta hanya melakukan ibadah saja.

“Saat ini negara kita kan sedang mengalami berbagai musibah bencana alam, jadi tahun baru Imlek tahun ini kami tidak merayakannya dengan kembang api ataupun hiburan lainya. Hal tersebut kami lakukan sebagai rasa empati kami untuk para korban bencana alam yang terjadi belakangan ini,” kata Sholeh.

Sementara pantauan di klenteng Shen Tee Bio atau klenteng Budhi asih, umat Konghucu sudah mempersiapkan ibadah dan perayaan Imlek dengan matang. Klenteng sudah dihias dengan lilin besar, lampion, dan patung-patung dewa seperti tampak di panjangkan.

Baca Juga:  Tagih Upah dan THR, Ratusan Buruh di Bandung Gelar Unjuk Rasa

Selain itu, beragam buah-buahan juga sudah tersedia di masing-masing altar klenteng. Kemudian aroma kemenyan atau dupa juga sangat terasa di setiap klenteng.

Sementara Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi, mengatakan, pihaknya menerjunkan sekitar 134 personel untuk mengamankan perayaan Imlek di Kabupaten Purwakarta.

“Pengamanan diprioritaskan di Klenteng Shen Tee Bio. Kemudian pengamanan lalu lintas di sekitar rumah ibadah dan pengamanan lingkungan melalui patroli,” kata Twedi. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat