Kasus DBD Terbanyak Di Jawa Barat Ada Di Tiga Daerah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kasus demam berdarah dengue (DBD) terbanyak di Jawa Barat berada di Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan Kabupaten Bandung

“Sejak awal Januari hingga Februari 2019, jumlah penderita DBD di Kota Depok sebanyak 319 orang, KBB berjumlah 277 orang, dan Kabupaten Bandung berjumlah 236 orang. Sementara sisanya tersebar merata di daerah lainnya di Jawa Barat,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Widyawati, dikutip pikiran-rakyat.com, Selasa (5/2/2019).

Baca Juga:  PVJ Mal Kota Bandung Kembali ditutup Sementara

Dia mengatakan, jumlah korban akibat DBD di Jabar pada awal Januari hingga awal Februari 2019 memang bertambah. Sebanyak 2.477 kasus DBD, lanjutnya, tersebar merata di seluruh kabupaten/kota.

Baca Juga:  Ini Penyebab Patah Tulang, Diantaranya Osteoporosis

Pada Januari – Februari 2018, penderita DBD berjumlah 934 orang dan tahun ini sebanyak 2.477 kasus.

“Yang meninggal Januari tahun ini juga bertambah menjadi 118 orang, sementara tahun lalu hanya 4 orang, ” kata Widya.

Disebutkannya, penyebab meningkatnya jumlah penderita DBD tahun ini adalah karena pengaruh cuaca yang lembap. Selain itu, dipengaruhi juga oleh prilaku masyarakatnya yang berkaitan dengan lingkungan.

Baca Juga:  Pemuda Asal Purwakarta Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja, Berawal Dari 'Bingung'

“Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat langsung melakukan penyuluhan dan menyebarkan surat edaran ke Rumah Sakit dan Puskesmas di daerah, agar melakukan gerakan Satu Rumah Satu Jumantik,” terangnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat