Ini Dia Tips Diet Sehat

JABARNEWS | TIPS – Menurunkan berat badan dengan cara diet sah-sah saja namun Anda harus tau cara diet yang benar, sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut dikutip dari hellosehat.com, tips diet yang sehat, selamat mencoba.

1. Pilih makanan yang tepat, jangan melewatkan waktu makan

Cara diet sehat alami yang pertama adalah dengan memilih makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ya, pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet Anda.

Cara diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula sehingga buruk bagi tubuh. Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda saja.

Sebaliknya, kalau Anda mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti Anda menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua makanan itu tetap diperlukan bagi tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik.

Baca Juga:  Kabupaten Bekasi Catat Pasien Sembuh Covid-19 Capai 91 Persen

2. Atur porsinya sesuai dengan kebutuhan

Setelah memilih makanan yang tepat, maka cara diet sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan tersebut. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya.

Kalau Anda kesulitan Anda bisa konsultasikan hal ini dengan ahli gizi. Namun, bagi Anda yang memiliki berat badan, biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1500 kalori.

Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan Anda harus menyeimbangkan semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, dalam satu kali makan, Anda harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah sebagai selingan. Anda bisa menerapkan porsi sesuai dengan ilustrasi gizi seimbang berikut ini.

3. Ganti gula dengan pemanis yang lebih sehat

Baca Juga:  Soal Kejelasan DP Nol Persen Buat Kendaraan Baru, Ini Kata Sri Mulyani

Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat satu ini. Padahal, cara diet sehat dengan mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat adalah salah satu ampuh untuk menurunkan berat badan Anda.

Seberapa sering Anda menambahkan gula dalam makanan atau minuman Anda? Banyak orang yang tidak tahu seberapa banyak ia mengonsumsi gula dalam satu hari. Ingat, gula dan makanan manis adalah makanan penyebab berat badan berlebih, dan tentu saja buruk bagi kadar gula darah Anda.

Mulai sekarang, Anda sebaiknya mengganti gula dengan pemanis yang memiliki kalori lebih rendah – tetapi tak kalah manisnya dengan gula. Sekarang ini telah banyak pemanis buatan yang memiliki kalori yang rendah, aman bagi kadar gula darah, dan tak bikin timbangan berat badan melonjak.

4. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga adalah cara diet sehat alami yang paling mudah untuk Anda lakukan. Pasalnya diet sehat alami tidak akan optimal jika tak melakukan olahraga. Oleh sebab itu, mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban.

Baca Juga:  Polemik IKN, Ridwan Kamil: Jakarta Setelah Ditinggal, Jadi Apa?

Pasalnya tubuh Anda perlu mengeluarkan dan membakar kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalau bukan dengan olahraga rutin, dengan cara apa lagi tumpukan kalori – yang berbentuk lemak – itu bisa dihilangkan?

Mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, setidaknya 30 menit. Untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.

5. Menerapkan pola hidup sehat

Setelah menerapkan berbagai cara diet sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan pola hidup yang baik secara keseluruhan. Apa saja pola hidup yang baik itu?

Ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya tidur dengan cukup dan hindari begadang. Lalu, hindari mengonsumsi alkohol yang berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat alami Anda berjalan dengan mudah dan berhasil. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat