bjb

Stop Buang Sampah Sembarangan, Kecuali Mau Kena Penyakit Ini

Tumpakan sampah di sungai penyebab penyakit dan bencana banjir, (Foto: lintasnasional.com).

JABARNEWS | TASIKMALAYA – PLt Kepala Dinas Ketahanan Kabupaten Tasikmalaya, dr Faisal Soeparyanto, mengatakan jika tidak ingin terkena dampak penyakit diare, inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga demam berdarah dengue (DBD) yang mengakibatkan kematian, sebaiknya warga mulai sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Hal itu ia utarakan, setelah melihat volume sampah rumah tangga sangat tinggi perharinya.

"Iya memang betul harus sadar akan hal itu," ungkap dr Faisal saat dijumpai jabarnews.com, dikantornya, Senin (4/2/2019).

Terlebih kata Faisal, saat ini sudah masuki musim hujan. Sampah yang dibuang sembarangan dapat banyak menimbulkan penyakit.

"Resiko masyarakat terkena penyakit pun akan semakin tinggi," tandasnya.

Baca Juga:

Program BPNT Ternyata Bukan Beras Premium Tapi Jawa

Warga Kabupaten Tasikmalaya Keluhkan BPNT

Lanjutnya, kondisi sampah yang basah akan mempercepat perkembangan virus dan bakteri. Semisal wabah DBD bisa dipicu akibat banyak air yang menggenang, salah satunya pada sampah yang dibuang sembarangan. 
Kemudian, diare, juga akibat banyaknya air melimpah tapi kualitasnya buruk dan terkontaminasi salah satunya dengan sampah.

"Karena hal itulah sumber penyakit itu hadir," katanya.

Karenanya, Ia menghimbau ke semua masyarakat baik pedesaan dan pusat kota di Kabupaten Tasikmalaya ini supaya jangan membuang sampah sembarangan. Agar sampah bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga tak menimbulkan penyakit.

"Buanglah sampah ketempatnya jangan dibuang seenaknya saja, apalagi ke sungai. Jangan sampai menimbulkan genangan air yang mengakibatkan berkembang biaknya jentik nyamuk penyebab DBD," tukasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags : Tasikmalaya buang sampah sembarang akibat dr faisal daerah
properti

berita terkait

Dua Pasangan Remaja Kepergok "Pacaran" di Taman

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi