Stop Buang Sampah Sembarangan, Kecuali Mau Kena Penyakit Ini

JABARNEWS | TASIKMALAYA – PLt Kepala Dinas Ketahanan Kabupaten Tasikmalaya, dr Faisal Soeparyanto, mengatakan jika tidak ingin terkena dampak penyakit diare, inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga demam berdarah dengue (DBD) yang mengakibatkan kematian, sebaiknya warga mulai sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Hal itu ia utarakan, setelah melihat volume sampah rumah tangga sangat tinggi perharinya.

Baca Juga:  Berbekal Sertifikat K3 Konstruksi, UKPBJ KBB Evaluasi Ketat Dokumen RKK

“Iya memang betul harus sadar akan hal itu,” ungkap dr Faisal saat dijumpai jabarnews.com, dikantornya, Senin (4/2/2019).

Terlebih kata Faisal, saat ini sudah masuki musim hujan. Sampah yang dibuang sembarangan dapat banyak menimbulkan penyakit.

“Resiko masyarakat terkena penyakit pun akan semakin tinggi,” tandasnya.

Lanjutnya, kondisi sampah yang basah akan mempercepat perkembangan virus dan bakteri. Semisal wabah DBD bisa dipicu akibat banyak air yang menggenang, salah satunya pada sampah yang dibuang sembarangan.

Kemudian, diare, juga akibat banyaknya air melimpah tapi kualitasnya buruk dan terkontaminasi salah satunya dengan sampah.

Baca Juga:  Jangan Turunkan Masker ke Dagu, Ini Sebabnya

“Karena hal itulah sumber penyakit itu hadir,” katanya.

Karenanya, Ia menghimbau ke semua masyarakat baik pedesaan dan pusat kota di Kabupaten Tasikmalaya ini supaya jangan membuang sampah sembarangan. Agar sampah bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga tak menimbulkan penyakit.

Baca Juga:  Begal Gentayangan Di Bandung, Anggota Dewan Kritisi Soal Ini

“Buanglah sampah ketempatnya jangan dibuang seenaknya saja, apalagi ke sungai. Jangan sampai menimbulkan genangan air yang mengakibatkan berkembang biaknya jentik nyamuk penyebab DBD,” tukasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat