Simak Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat Dari DInkes Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Fenomena mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah menjadi agenda tahunan di Indonesia. Bagi para pemudik, Dinas Kesehatan Jawa Barat memberikan tips selama di perjalanan. Hal itu disampaikan Staf Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Barat, Rita Kartika.

Dikatakan Rita akan sangat penting menjaga kesehatan jauh-jauh hari sebelum mudik yakni siapkan fisik prima, tidur 6 jam dan berdoa sebelum berangkat. “Bawa obat-obatan yang rutin diminum, gunakan pakaian longgar dan nyaman jika naik motor. Jangan lupa gunakan jaket, usahakan tidak menggunakan rok panjang,” kata Rita.

Baca Juga:  Seniman Mengeluh, Eksistensi BMKK Tak Jelas

Yang tidak kalah pentingnya dilakukan, lanjut Rita, konsumsi makanan dan minuman yang bergizi, banyak sayur dan buah. Kemudian siapkan bekal tahan lama selama di perjalanan dan minuman manis hangat.

Selama perjalanan, gunakan masker atau pelindung mulut. Apabila sedang istirahat, cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah makan.

Baca Juga:  Ini Solusi Tangani Banjir Melong Ala Legislator Parlemen Pusat

“Yang harus dibiasakan saat melakukan perjalanan, letakan sampah pada tempatnya dan bisa manfaatkan posko kesehatan. Agar tidak lelah, atur posisi duduk dan lakukan peregangan setelah duduk minimal 1 jam dan istirahat setiap 4 jam perjalanan,” sarannya.

Yang juga harus diwaspadai selama perjalanan mudik lebaran, upayakan tidak menerima makanan/minuman dari orang yang tidak dikenal. Hindari menahan buang air kecil atau besar sembarangan dan gunakan toilet yang bersih dan nyaman.

Baca Juga:  Rentetan Helm Termahal Di Dunia, Kalian Punya Salah Satunya?

“Apabila melakukan perjalanan pada siang hari, jangan lupa gunakan sunblock, sarung tangan, atau pelindung sinar matahari. Gunakan sepatu ringan atau boot saat mudik musim hujan,” tutup Rita. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat