Sampah Menumpuk, Warga Lojikobong Majalengka Bersihkan Sungai

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sampah menumpuh menyumbat aliran air di Sungai Cikamangi, Desa Lojikobong, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka. Untuk mengantisipai meluapnya air ke pemukiman, warga bersama Koramil turun tangan membersihkannya secara gotong royong.

Kepala Desa Lojikobong, Eman, mengatakan, karena sampah terlihat menumpuk dan menyumbat saluran sungai tersebut, maka warga berinisiatif untuk membersihkannya. Jika tidak dibersihkan, dampaknya akan berbahaya.

Baca Juga:  1 Dollar AS Hampir Rp.14 Ribu, Jangan Cemas?

“Volume dan debit air sungai Cikamangi saat ini cukup tinggi dan banyak. Jika tersumbat, maka bisa-bisa meluap ke pemukiman warga dan ini berbahaya jika dibiarkan,” ungkapnya, Sabtu (9/2/2019).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Varian Delta Sudah Banyak Masuk di Jawa Barat

Perangkat desa, Indra, menuturkan, sampah-sampah yang berhasil diangkat dari sungai, selanjutnya akan dibuang di tempat pembuangan akhir sampah terdekat.

Di sepanjang saluran Sungai Cikamangi ini, memang terdapat sampah dengan volume sangat banyak, sehingga dapat mengganggu pandangan mata.‎ Pihaknya berterima kasih kepada masyarakat, karena telah merespons positif kegiatan bersih-bersih sampah di sungai ini.

Baca Juga:  Catatan Banggar Terhadap Postur RAPBN 2020

“Kami bahkan dibantu anggota Koramil, babinsa. Warga juga sangat antusias bergotong-royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang saluran sungai terutama di bawah jembatan Sungai Cikamangi ini,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat