Selesaikan Kredit Macet, Oded Apresiasi Kinerja PD BPR

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M. Danial optimistis kinerja PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung terus meningkat. Terbukti, BPR mampu menyelesaikan kredit macet sebesar Rp 5 miliar dari Rp 24 miliar yang masih terhutang. Meski tidak menjelaskan target lain yang akan ditempuh, Oded optimistis tahun ini PD BPR akan semakin sehat.

’’Kemampuan PD BPR cukup signifikan untuk menarik kredit yang macet tersebut, dengan arahan yang baik maka seperti kredit macet pun bisa diatasi. Contohnya kredit macet itu Rp 24 miliar, kita baru mengambil Rp 5 miliar, jadi sisanya Rp 19 miliar,” ujar di Balai Kota.

Baca Juga:  Tingkatkan Kebugaran, Ezra Walian Latihan Setiap Hari

Oded menerangkan, PD BPR fokus menyasar wilayah internal seperti perusahaan daerah yang dimiliki Bandung seperti PD Pasar, PD Kebersihan dan PDAM Tirtawening, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat. Hal tersebut penting untuk meningkatkan pendapatan PD BPR.

“Sekarang punya target mau bikin kerja sama dengan beberapa pihak internal, ASN, Perusahan Daerah dan termasuk masyarakat. Itu harus hadirkan kualitas PD BPR dengan kepercayaan dan keyakinan yang kuat untuk mengelola lebih baik,” terangnya.

Baca Juga:  Pj. Bupati: ASN Purwakarta Harus Bayar Zakat Ke Baznas

Oded menegaskan, PD BPR fokus memberikan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pasar di Kota Bandung. Terlebih, saat ini target UMKM terbilang tinggi.

“Kita berdayakan para pelaku UMKM, sehingga untuk meminjam itu tidak perlu susah, cukup ke PD BPR. Selain itu juga kita memiliki 27 pasar, itu salah satu potensi yang besar untuk PD BPR asalkan pengelolaan yang tepat,” tegas Oded.

Baca Juga:  Bupati Ruhimat Beberkan Honor Ketua RT dan RW di Subang, Ini Jumlahnya

Meskipun PD BPR ditinggalkan salah seorang direkturnya, Oded meminta agar tetap fokus dalam mengemban tugas. “Pak Rio (Direktur Sumberdaya Manusia, Kepatuhan Manajemen Risiko) itu kan sudah mengundurkan diri, saya tetap memberikan semangat dan dorongan agar kinerja PD BPR semakin baik,” ujar Oded.

Lanjut pihaknya secara normatif berencana mencari pengganti direktur PD BPR tersebut. “Saya sudah instruksikan kepada Kabag Ekonomi, Asisten II dan dan pihak dewan pengawas PD BPR untuk mencari pengganti yang sudah keluar,” tukasnya. (Afr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat