bjb

Satreskrim Polres Sumedang Ringkus 9 Pelaku Pencurian

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo saat menggelar ekspose penangkapan 3C oleh Satreskrim Polres Sumedang, (Foto: Galamedianews)

JABARNEWS | SUMEDANG - Tim Gabungan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang meringkus sembilan orang pelaku C3, Curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan) dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) di sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Sumedang.
Ke sembilab pelaku itu, yakni M (19) tersangkut kasus curanmor di wilayah hukum Polsek Jatinangor, B (32), JM (27) dan D (26), ketiganya pelaku curat di Sumedang Selatan, Tanjungsari dan Pamulihan. Selanjutnya S (20), E (21), AR (22) dan A (25), terlibat dalam kasus curat di wilayah hukum Polsek Pamulihan, Cimanggung dan Jatinangor.
Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, saat menggelar pres release, Sabtu (9/2/2019) mengatakan, modus operandi pelaku curanmor, dengan cara merusak kabel unit yang sudah jadi target operasi. Untuk kasus curat, tersangka melakukan pencurian pada malam hari dengan cara memanjat pagar atau benteng.
Sementara itu, untuk kasus curas dengan cara melakukan penjambretan, sambil menodongkan pisau, memukul dan memaksa korban agar menyerahkan barang berharganya.
Dari para tersangka, diamankan sejumlah barang bukti, seperti 3 unit sepeda motor, 4 buah handphone, 1 unit laptop, 1 bilah pisau, 2 buah dompet dan peralatan komponen pembuat kain.

Baca Juga:

Ada Relawan Demokrasi, KPU Majalengka: Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Nathan Bocah Penderita Flek Paru Di Purwakarta Yang Sempet Viral, Ini Kondisinya

"Dalam menjalankan aksinya itu, pelaku tak segan melukai korban. Salah satu dari pelaku yaitu A, merupakan residivis dalam kasus curanmor," terang Hartoyo seperti dikutip Galamedianews.com.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP (curanmor) dengan maksimal lama pidana 7 tahun penjara, Pasal 363 ayat 1 ke (3) (4) dan (5) KUHP (curat) dengan maksimal pidana 9 tahun penjara dan Pasal 365 KUHP (curas) dengan maksimal pidana 12 tahun penjara.
"Kini tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Polres Sumedang," tandasnya. (Abh)
Jabarnews | Berita Jawa Barat


Tags : Sumedang Polres Sumedang Satreskrim Polres Sumedang Curat Curas Curanmor
properti

berita terkait

Wow! Foya-foyanya Kaum Tajir

BTN Dukung Program BUMN Dalam Islamic Nexgen Fest 2019