Ini Dia Tips Rumah Selalu Tertata Bersih, Rapi, dan Luas

JABARNEWS | TIPS – Rumah adalah tempat kita berteduh, besar ataupun kecil tidak masalah, karena rumah yang nyaman bukan dari ukurannya, namun dari cara kita menatanya dan membiasakan diri selalu merawat dan menata agar rumah selalu nyaman di tempati.

Nah, jika Anda memiliki rumah tampak terlihat selalu bersih, tertata rapi, luas. Simak tips berikut ini dilansir dari sindonews.com.

1. Jangan banyak barang berantakan di ruang tamu

Bagian depan yang pertama kali dilihat tamu ketika datang adalah bagian yang paling harus Anda awasi kebersihannya. Jika memang terdesak harus merapikan sesuatu, sediakan satu ruang khusus (gudang) untuk menyembunyikan barang-barang itu sebelum dirapikan ke tempatnya.

Maka dalam desain rumah Anda, usahakan ruang tamu bebas dari baju bergantung, kertas berantakan, dan barang-barang lain yang memberikan kesan tidak rapi pada rumah idaman modern Anda.

Baca Juga:  Calhaj Majalengka Dapat Kucuran Dana Rp. 1 Miliar

2. Lakukan kegiatan sederhana ini sesering mungkin

Mencuci piring, meletakkan baju kotor ke keranjang cuci atau sekadar mengembalikan buku ke rak adalah hal-hal yang simpel yang kadang terabaikan. Akibatnya, barang-barang ini menumpuk di tempat yang tidak seharusnya dan membuat ruangan tampak tidak rapi. Lakukan hal-hal kecil ini sesering mungkin. Bukan hanya untuk menjaga kerapihan dan kebersihan, tetapi juga agar Anda tidak terlalu

lelah saat mengerjakannya sekaligus.

3. Singkirkan segera semua hal yang tidak diperlukan

Kebiasaan menumpuk barang yang belum tentu akan digunakan membuat rumah Anda penuh. Jika ada barang-barang yang jarang Anda gunakan, simpan saja di gudang alih-alih menumpuknya di salah satu sudut rumah. Lebih bagus kalau Anda mau memberikannya pada yang lebih membutuhkan.

Baca Juga:  Dalam Lima Minggu, Polda Jabar Tangkap 20 Tersangka Jual Beli Narkoba

4. Libatkan keluarga anda untuk aktivitas berberes rumah

Punya atau tidak punya pembantu, cobalah sesekali ajak anak-anak atau pasangan untuk bersih-bersih. Misalnya, sisihkan waktu 10 menit setelah makan malam. Ini sekaligus akan melatih seluruh anggota keluarga akan tanggungjawab terhadap kebersihan.

5. Pastikan hanya furnitur yang berada di atas lantai

Meletakkan tumpukan majalah, mainan, atau buku di lantai jelas akan membuat rumah Anda tampak berserakan. Pastikan hanya lemari, rak buku, dan perabotan lain yang menempel langsung dengan lantai.

6. Tata perlengkapan masak yang benar-benar Anda perlukan

Beberapa ibu rumah tangga suka mengoleksi peralatan dapur seperti aneka jenis mangkuk sampai toples yang tak terhitung jumlahnya meski sebenarnya jarang dipakai. Meletakkan koleksi Anda di rak dapur bukanlah pilihan yang tepat. Selain membuat dapur minimalis Anda terasa penuh, koleksi Anda itu juga akan berdebu dan akhirnya rusak. Isi rak Anda hanya dengan peralatan yang benar-benar Anda gunakan setiap hari. Sisanya? Simpan di lemari penyimpanan atau kemas rapi dan taruh di gudang.

Baca Juga:  Sempat Naik, Kini Penjualan Pot Bunga di Purwakarta Kembali Lesu

7. Pasang dua keset untuk mencegah lantai kotor

Letakkan dua keset di depan rumah, satu di luar dan satu di dalam. Dengan demikan, kotoran tidak menyebar ke lantai Anda dan di seluruh rumah Anda (ada dua keset yang menyaringnya). Karena sebagian besar tamu melihat interior rumah langsung dari pintu depan terlebih dahulu, keset memberi kesan rumah terlihat bersih secara keseluruhan. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat