Bertahan Hidup Masak Nasi Basi, Keluarga Bakri Terima Bantuan Tim SRI

JABARNEWS | CIANJUR – Tim Nasional Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) berikan bantuan hewan ternak kepada keluarga Bakri (72) di Kampung Kiarapayung, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat.

Perlu diketahui sebelumnya, Keluarga Bakri tinggal di Bangunan berukuran 12 meter persegi di tengah sawah bersama sang istri Aisyah (40) dan putranya Jujun (9) kondisinya memprihatinkan, tanpa jamban dan terlihat pengap. Bahkan, diketahui Bakri dan keluarga terpaksa memasak makanan busuk karena himpitan ekonomi.

Sekretaris Jenderal Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) Haerudin Nurman mengatakan, pihaknya sangat prihatin atas kondisi yang dialami keluarga Bakri.

“Malam ini kita memberikan bantuan kepada ibu Aisyah sebagaimana seluruh masyarakat Jawa Barat telah mengetahui tentang pemberitaan keluarga ini kasihan sekali, saya sampai membaca beritanya keluarga ini memasak nasi yang sudah basi, sampai saya meneteskan air mata,” ucapnya, Kampung Kiarapayung, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Minggu malam, (10/2/2019).

Baca Juga:  Mengungkap Perjalanan Tobat Pecandu Narkoba

Haerudin menyebutkan, pihaknya memberikan tiga ekor kambing dan lima puluh ekor ayam sebagai modal awal untuk membangun sebuah peternakan, sehingga ekonomi keluarga Bakri dapat terangkat. “Kami dari sahabat rakyat Indonesia memberikan bantuan peternakan untuk menunjang ekonominya,” ungkapnya.

Selain membantu dalam hal perekonomian, ia mengungkapkan, Sahabat Rakyat Indonesia akan membantu putra dari Bakri dan Aisyah agar mendapatkan hak pendidikannya dengan baik. “Kami akan memberikan bantuan untuk pendidikan juga nantinya,” tutur Haerudin.

Selanjutnya, Haerudin menegaskan, pihaknya akan memberikan pendampingan untuk keluarga Bakri hingga terbebas dari garis kemiskinan.

Baca Juga:  Asyiknya Berenang di Bendung Ciwayang

“Kami akan pantau terus perkembangannya, sebab ada anggota SRI juga di sini yang melakukan pendampingan, untuk hewan ternak nanti di kelola oleh Pak RW, dan nanti akan dibagi hasil untuk keluarga ini (Bakri),” ujar Haerudin.

Disinggung adakah keluarga miskin lainnya yang akan diberikan bantuan? Haerudin menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala desa setempat untuk melakukan pendataan terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan memberikan bantuan kepada keluarga miskin lainnya di desa tersebut.

“Kami minta kepala desa di sini untuk mendata masyarakat yang masih membutuhkan di sini, dan ke depan kami akan memberikan bantuan lagi sesuai dengan data yang kami dapatkan,” kata Haerudin.

Baca Juga:  Helikopter Milik Polri Diduga Jatuh Usai Lewati Cuaca Buruk

Selanjutnya, Istri Bakri, Aisyah mengungkapkan dirinya sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan SRI untuk keluarganya. “Haturnuhun ka SRI tos ngabantos abdi sakulawargi (Terimakasih SRI sudah membantu saya dan keluarga),” ungkap Aisyah.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Desa Ramasari Agus Sumarna berharap, SRI dapat memberikan bantuan tidak hanya untuk keluarga Bakri saja, tetapi warga miskin lainnya.

“Ini akan berdampak baik dan semoga akan membantu keluarga bapak Bakri, mudah-mudahan kedepannya, masyarakat kami yang kurang mampu juga bisa dibantu,” pungkasnya.

Diketahui, Sahabat Rakyat Indonesia Merupakan Tim Pemenangan Jokowi sejak Tahun 2014 lalu. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat