Di Purwakarta Ada Perpustakaan Zaman Now

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dengan buku, semua rahasia tentang pengetahuan dunia akan terungkap, Buku merupakan jendela ilmu. Salah satu kunci untuk membukanya, tak lain adalah dengan membaca.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, penggemar baca buku pun semakin berkurang. Bahkan, budaya membaca nyaris terlupakan oleh generasi milenial.

Mungkin, saat ini yang cenderung lebih diperhatikan, yakni tayangan televisi, sosial media, dan permainan elektronik digital lainnya. Apalagi, saat ini sedang trend fasilitas-fasilitas hiburan yang menggunakan jaringan internet.

Atas dasar itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menggagas sebuah program sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk melestarikan budaya baca di masyarakat. Yakni, dengan memaksimalkan peran perpustakaan daerah (Perpusda).

Baca Juga:  Sambangi Bandung, IZWCC Bahas Soal Pengelolaan Sampah Plastik

Menariknya, penataan perpustakaan kali ini dibuat dengan tema kekinian. Yakni mengusung konsep digital berbasis aplikasi. Jadi, perpustakaan tersebut dibuat dengan sistem digital (e-book), namun tetap tidak mengesampingkan buku konvesional.

“Jadi, mulai hari ini warga Purwakarta bisa mengakses buku-buku secara digital di perpustakaan daerah,” ujar Anne, saat meresmikan Perpusda Zaman Now, di Jalan KK Singawinata, Selasa (12/2/2018).

Saat ini, lanjut dia, perpustakaan daerah ada dua penampilan. Yakni, buku yang ada bentuk fisiknya (konvensional) serta buku yang bisa diakses secara digital, baik melalui telepon selular, laptop ataupun komputer (e-book).

Baca Juga:  Mengenal Makanan Yang Tergolong Kedalam Biji-bijian, Bisa Bikin Sehat

“Khusus untuk e-book, ada aplikasi khusus yang sudah bisa diunduh masyarakat melalui smartphone. Selain itu, syarat untuk meminjam buku digital ini, sama seperti meminjam buku konvensional. Yakni, masyarakat harus mendaftarkan identitasnya dulu kepada petugas yang ada,” ungkap Bupati Purwakarta.

Terkait buku yang tersedia di perpustakaan ini, kata Anne, sangat beragam. Tahap pertama, di perpustakaan seluas 500 meter ini, ada sedikitnya 3.600 judul buku digital, dan 25 ribu judul buku konvensional. Mayoritas, yang tersedia merupakan buku pengetahuan.

Baca Juga:  Motor Adu Banteng di Batubara, Pemuda Asal Asahan Tewas

“Mudah-mudahan, kehadiran perpustakaan zaman now ini bisa meningkatkan minat baca. Ini juga, bagian dari komitmen kami meningkatkan SDM di semua tingkatan dan usia,” papar Anne.

Dia menambahkan, dengan adanya perpustakaan digital ini, diharapkan minat baca masyarakat bisa lebih meningkat lagi. Apalagi, di tahun-tahun sebelumnya, sampai saat ini pengunjung perpustakaan baru 72 persen.

“Target kedepan, tingkat kunjungan mencapai 92 persen dari total penduduk Purwakarta,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat