Paska Banjir, Pemkab Permanenkan Tanggul Jebol Cilengkrang

JABARNEWS | KABUPATEN BANDUNG – Paska banjir Komplek Jati Endah Regency, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, pemerintah dan masyarakat bahu membahu membersihkan puing-puing bangunan.

Tanggul pun tengah disiapkan permanen atasi banjir bandang, guna antisipasi kejadian serupa. 

Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan tampak hadir menemui korban yang terkena musibah sembari melihat keadaan sekitar. 

Dalam kesempatan itu, Ia berjanji segera memperbaiki tanggul yang jebol karena jika hujan deras menghadang dikhawatirkan terjadi kembali banjir serupa.

“Fokus utama pada hari ini adalah memperbaiki tanggul jebol. Untuk sementara tanggul akan dipasang bronjong. Selanjutnya tanggul akan dibuat permanen,” ujar Gungun ditengah kegiatan.

Baca Juga:  Wisata Purwakarta, Bukit Panenjoan Cocok Untuk Berswafoto

Salah seorang warga Komplek Jati Endah Regency, Toni (51) mengisahkan derasnya hujan Sabtu (9/2/2019) lalu setinggi paha orang dewasa. Bahkan hingga menghanyutkan pengendara bermotor. Akibatnya salah seorang korban meninggal dunia akibat terseret arus yang deras dekat bangunan BPPT. 

Warga lain Ujang (48) yang merupakan kerabat dari Almarhum Hani Nurwijayani (25), bercerita, wanita malang ini hanyut tersapu banjir Bandang saat ayahnya membukakan pintu rumah.

Kala itu tiga keluarga ini terpental oleh banjir bandang setinggi paha orang dewasa.

“Tiga orang di rumah semuanya terpental, Itu Ajay beserta istri dan almarhum terpental ke luar rumah. Beruntung dua orang masih selamat meskipun agak luka- luka. Namun Hani anaknya tak selamat. Ia ditemukan meninggal kira- kira 50 meteran dari rumahnya”, ujar Ujang.

Baca Juga:  Gunung Merapi Tercatat 13 kali Luncurkan Guguran Lava Pijar

Pantauan jabarnews.com, sejumlah posko bencana dari mulai makanan, obat-obatan dan bantuan sudah dikerahkan. Tim damkar pun sampai hari ini masih mengevakuasi sisa lumpur dan bangunan yang berada di pemukiman Komplek Jati Endah Regency.

Seperti diberitakan, hujan deras Sabtu malam pukul 22.00 WIB itu mengakibatkan tanggul Sungai Cijambe jebol akibatnya banjir besar menerjang desa Jatiendah. 

Baca Juga:  Jelang Piala Menpora 2021, Pemain Persib Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19

Bencana banjir bandang itu mengalirkan endapan lumpur dan batu sehingga menimpa pemukiman warga kompleks Jati Endah Regency. Sebanyak dua unit rumah dan satu unit bangunan milik BPPT Pertanian Kab. Bandung mengalami kerusakan yang cukup parah.

Akibat insiden tersebut tiga korban meninggal dunia karena terseret derasnya air.

Sementara itu menurut Kabid Humas Polda Jabar, identitas korban yang meninggal dunia yakni Hani Nurwijayanti Binti Ajay Zajuli (25), Firdasi (35), dan Raufal (17 bulan). Ketiga orang ini dimakamkan hari Minggu kemarin. (San)

Jabarnews | Berita Jawa Barat