Live Stream Bandung 132 TV


Nasabah Bank Sampah Induk Cimahi Capai 1.500 Orang

Keuntungan yang dihasilkan dari sampah, membuat Bank Samici diserbu nasabah, (Foto: Jabarprov)

JABARNEWS | CIMAHI - Jumlah nasabah Bank Sampah Induk Cimahi (Samici) setiap tahunnya mengalami penambahan. Terbukti, sejak diresmikan pada 2014 lalu hingga sekarang, sudah menghimpun sekitar 1.250 nasabah perorangan, ditambah dengan 250 nasabah unit bank sampah di seluruh wilayah Kota Cimahi.

Direktur Bank Samici, Warso Wijaya mengatakan, sampah yang dikelolah Bank Samici bukan sekedar jadi sampah semata. Namun bisa menghasilkan uang bagi warga yang menjadi nasabah. Baik nasabah perorangan, maupun nasabah unit.

Baca Juga:

Soal Wacana Pajak Sembako dan Pendidikan, Rizal Ramli: Sangat Tidak Manusiawi!

Dadang Supriatna Tetapkan Status Tanggap Darurat Jebolnya Tanggul Sungai Cisunggalah



"Sampai saat ini jumlah nasabah perorangan sekitar 1.250 orang. Padahal, saat pertama kali diresmikan itu jumlahnya kurang dari 50 nasabah. Kami bersyukur dengan keberadaan bank sampah ini masyarakat yang mau memilah sampah sudah lebih banyak. Efeknya, perekonomian masyarakat juga bisa meningkat," ungkapnya di Kantor Induk Bank Samici, Jalan Usman Dhomiri, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, dalam sehari, Bank Samici mampu mengolah sampah 1-2 ton dari semua jenis sampah anorganik. Adapun jenis sampah tersebut, di antaranya plastik 29 jenis, logam 14 jenis, kertas 12 jenis, kaca diklasifikasi jadi tiga jenis, dan barang elektronik tiga jenis.

Sementara perputaran uang hasil pengolahan sampah di Bank Samici terbilang besar, yakni mencapai Rp 20-30 juta per bulan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cimahi Pemkot Cimahi Bank Sampah Bank Samici Tingkatkan Ekonomi Warga

berita terkait

Puluhan Tahanan di Polres Majalengka Disuntik Vaksin Covid-19

BPSK Keluhkan Kesejahteraan dan Honor, Ini Kata DPRD Jabar

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi