Akses Pembiayaan Perbankan, Bekraf Latih Pelaku Ekonomi Kreatif Manajemen Keuangan

JABARNEWS I KOTA CIREBON – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan pengetahuan manajemen keuangan usaha kepada pelaku ekonomi kreatif untuk mengakses alternatif permodalan dari perbankan melalui Kelas Keuangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kreatif Syariah.

Perbankan sebagai lembaga keuangan membutuhkan laporan keuangan sebagai salah satu syarat mengakses pembiayaannya.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menuturkan, pelaku UKM kreatif banyak yang belum visible dan bankable. Dengan kegiatan ini, Bekraf membantu mereka memiliki catatan keuangan usaha untuk mengakses pembiayaan perbankan.

Baca Juga:  Penuhi Janji Kampanye, Bupati Subang Berikan Seluruh Gajinya Untuk Masyarakat

“Tadi pihak perbankan juga diberikan kesempatan menjelaskan produk pembiayaan yang sesuai dengan the nature of the business (sifat bisnis) dari pelaku ekonomi kreatif,” Fadjar, Rabu (20/2/2019).

Bekraf melihat potensi pelaku ekonomi kreatif di Cirebon, sehingga Cirebon adalah kota pertama penyelenggaraan Seri Kelas Keuangan Syariah tahun 2019.

Baca Juga:  Ternyata Kaulinan Tradisional Masih Banyak Diminati, Ini Buktinya

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Cirebon tersebut, pelaku ekonomi kreatif Cirebon mempelajari permodalan, perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, serta pembuatan laporan keuangan terkait akses pembiayaan perbankan syariah.

“Setidaknya ada 100 pelaku ekonomi kreatif Cirebon belajar mengelola laporan keuangan usaha bersama Founder & CEO QM Financial, Ligwina Hananto dan Praktisi Keuangan Syariah, M. Bagus Teguh Perwira,” ungkap Fadjar.

Baca Juga:  Garap Dugaan Pungli Nasabah, DPRD Segera Panggil Kepala Cabang BJB Purwakarta

Selain itu, Perwakilan BRI Syariah, Wenni Sri Winastri hadir menjelaskan produk pembiayaan yang bisa diakses oleh pelaku ekonomi kreatif beserta persyaratannya. Bekraf turut mengundang tokoh sukses Cirebon, Sally Giovanny, sebagai pemilik Batik Trusni untuk menceritakan perjuangan usahanya hingga sukses. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat