Uu Berharap Masjid Jadi Penggerak Kemajuan Umat

JABARNEWS | BOGOR – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum (Uu) berharap, semakin luasnya bangunan Masjid, dapat menjadikan semakin luasnya pula Islam yang disyiarkan.

Masjid sejatinya menjadi pusat kegiatan umat, dalam menjalankan ibadah Mahdhah, sekaligus ibadah Ghairu Mahdhah.

“Masjid digunakan bukan hanya untuk ibadah mahdhah, tetapi juga ghairu mahdhah, kita berbicara agama, berbicara tentang ekonomi, politik, di masjid, mengapa tidak? Untuk kemaslahatan umat,” kata Uu saat membuka acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Darussalam, Jalan Wisata Utama No. 1 Kota Wisata Gunung Putri Kabupaten Bogor, Jumat (15/2/2019).

Baca Juga:  Masa Tanggap Darurat Akan Berakhir, Bantuan Bencana Terus Berdatangan di Bogor

Uu menjelaskan, ibadah Mahdhah artinya, segala bentuk aktivitas yang cara, waktu, atau kadarnya telah ditetapkan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Baca Juga:  BMKG Minta Warga Garut Antisipasi Banjir Akibat Luapan Sungai Cimanuk, Ini Alasannya

Apapun terkait ibadah Mahdhah adalah yang diberikan Allah dan atau Rasul-Nya.

Sementara ibadah Ghairu Mahdhah, merupakan semua bentuk amal kegiatan yang tujuannya untuk mendekati Allah. Namun, tempat dan waktunya tidak diatur secara terperinci oleh Allah.

“Diantara ibadah yang termasuk ibadah ghairu mahdhah, yaitu seperti sedekah, infak, belajar, mengajar, berzikir, dakwah, tolong-menolong, dan gotong royong,” jelasnya.

Baca Juga:  Grand Final Mojang Jajaka Purwakarta, Ini pemenangnya

Maka, Uu berharap masjid menjadi penggerak kemajuan umat. Sebagai pimpinan yang menjabat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat saat ini, Uu mengaku pihaknya siap memberi dukungan demi tercapainya segala kebaikan yang diharapkan umat.

“Insyaallah, kami bisa membantu mendirikan masjid ini. Mohon doa restu agar saya diridhoi Allah,” katanya. (Mil)