Jenazah Pembalap Afridza Syach Munandar Hari Ini Dipulangkan ke Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Dunia balap otomotif Indonesia sedang mengalami duka yang mendalam, Pembalap muda Indonesia Afridza Syach Munandar (20) meninggal dunia pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019).

Pembalap Indonesia Afridza Syach Munandar (20) yang meninggal dunia saat balapan di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019), akan dipulangkan ke Jakarta, Senin (4/11/2019).

“Rencananya jenazah akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan Garuda GA 821, ETD (Estimated Time of Departure) Bandara Soekarno Hatta pukul 14.00 waktu setempat dengan didampingi oleh official dari Astra Honda Indonesia,” kata  Kepala Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B. Ambary di Kuala Lumpur, Minggu (3/11/2019).

Baca Juga:  Soal Revitalisasi Situ Jatijajar Depok, DPRD Jabar Tekankan Pentingnya Kolaborasi Pemerintah

Ia mengatakan, Polisi Diraja Malaysia (PDRM) telah mengeluarkan hasil otopsi yang menyebutkan penyebab kematian Adfrizal adalah cedera kepala karena kecelakaan.

“Jenazah Afridza sudah dikeluarkan dari Rumah Sakit Besar Kuala Lumpur untuk selanjutnya dimandikan dan disalatkan di Masjid Tun Abdul Aziz di Petaling Jaya, Selangor,” kata dia.

Perwakilan Astra Honda Indonesia, Daniel Aria Nugraha yang terlihat di Rumah Sakit Besar Kuala Lumpur akan mendampingi jenazah almarhum sedangkan orang tuanya menunggu di Jakarta.

“Hingga sekarang memang belum ada informasi tentang kedatangan keluarga namun Pak Daniel yang sudah tiba di rumah sakit Minggu pagi ditugaskan untuk mengurus jenazah almarhum,” ujar Yusron.

Baca Juga:  DPRD Jawa Barat Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Subang Terkait LPJ

Tentang otopsi jenazah almarhum, Yusron mengatakan di Malaysia ada ketentuan setiap jenazah berdasarkan laporan polisi atau meninggal “tidak wajar” selalu dilakukan otopsi kecuali meninggal dunia karena penyakit.

Perwakilan Astra Honda Indonesia Daniel Aria Nugraha mengatakan Afridza lulus dari Astra Honda Racing School pada 2017 dan merupakan salah satu pebalap berbakat yang dimilikinya.

“Prestasinya banyak termasuk dalam Asia Talent Cup yang berhasil mengumandangkan Indonesia Raya,” katanya.

Baca Juga:  Anggota DPRD Jabar Dorong Pemerintah Cirebon, Majalengka, & Kuningan Tonjolkan Kekhasan Wisata

Ia berterima kasih kepada KBRI Kuala Lumpur yang sudah mendampingi mulai kejadian hingga proses pemulangan jenazah.

Sebelumnya pembalap kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat tersebut berpulang, akibat tragedi yang berlangsung dengan cepat. Para lap pertama, memasuki tikungan ke-10, Afridza bersenggolan dengan rider di depannya. Saat terjatuh, pembalap kelahiran 13 Agustus 1999 itu, masih berusaha mempertahankan motornya tetap nyala.

Tetapi, saking ketatnya posisi para pembalap, dan posisi jatuhnya Afridza berada di tengah-tengah lintasan, dia sulit menghindari tabrakan. Pembalap Jepang Shinji Ogo lantas menabrak pembalap binaan Astra Honda Racing Team tersebut. (Red)