Polsek Wanayasa dan Warga Bersihkan Selokan Cegah DBD

JABARNEWS | PURWAKARTA – Anggota Polsek Wanayasa, bersama warga Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, melaksanakan kerja bakti dilingkungan Dusun 1 Desa setempat, Jumat (15/3/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan, sebagai upaya mengantisipasi merebaknya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Salah satunya membersihkan selokan, genangan air, sampah-sampah yang berserakan khususnya yang dapat menampung air hujan.

“Kegiatan bersih-bersih merupakan rutinitas dalam upaya pencegahan dini munculnya DBD serta terjadinya banjir,” kata Aiptu Ono Kartono, Babinkamtibmas Desa Babakan, Jumat (15/3/2019).

Baca Juga:  Jemaah Haji Jabar yang Meninggal Bertambah

Ono menuturkan, dalam beberapa pekan terakhir ini curah hujan diwilayah Kecamatan Wanayasa sering terjadi.

Dengan adanya hujan, dikuatirkan akan ada genangan air baik dari selokan atau sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.

“Kami beserta Babinsa dan masyarakat desa Babakan, seiring lakukan gotong royong dengan membersihkan lingkungan secara berganti dari RT ke RT. Ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan,” ujar Ono. 

Baca Juga:  Ayo Mendongeng, Itu Jadi Stimulus Anak Gemar Baca

Sementara itu Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno mengatakan, jika sanitasi aliran pembuangan air di lingkungan tidak berjalan baik, penuh dengan sampah, maka disanalah jentik nyamuk DBD berkumpul.

“Kita mengajak seluruh anggota Polsek Wanayasa untuk peduli dan turun bersama masyarakat melakukan bersih-bersih atau curve di lingkungan warga khusus pencegahan DBD,” kata Kapolsek, saat dihubungi melalui selulernya. 

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Tikno ini menuturkan, dengan gotong-royong bersama, pihaknya juga semakin dekat dan menjalin kebersamaan dengan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Sering Mabuk Perjalan Ketika Berpergian? Cegah Dengan Cara Ini

Gotong-royong merupakan budaya nenek moyang sejak dulu kala dan harus selalu dijaga.

“Kita berharap polisi selalu ada di tengah masyarakat dan dapat memecahkan permasalahan di masyarakat khususnya dalam masalah hukum. Sehingga masyarakat dengan polisi dapat menjadi lebih dekat dan percaya lagi terhadap polisi,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat