Bupati Purwakarta Apresiasi Kepolisian Ungkap Keberadaan Lahan Ganja Di Sukasari

JABARNEWS | PURWAKARTA – Terkait ditemukannya ribuan batang pohon ganja di lahan Perhutani di Kecamatan Sukasari, Purwakarta, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengapresiasi pihak kepolisian yang berhasil mengungkap keberadaan ladang ganja tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Polresta Yogyakarta dan Polres Purwakarta yang telah memberikan infromasi adanya lahan tersebut dan berhasil mengungkap keberadaan lahan yang ditanami ganja tersebut,” ujar Anne, ketika ditemui di Bale Nagri Purwakarta, Senin (18/2/2019).

Terkait posisi keberadaan lahan ganja yang berada dilahan milik Perhutani, Anne mengungkapkan, keberadaan lahan tersebut diluar ranah kewenangannya,

Akan tetapi untuk antisipasi kejadian yang sama, terutama di lahan tidur atau lahan yang tidak terpakai, khususnya di daerah terpencil, dirinya sudah menginstruksikan aparat kecamatan dan Desa untuk mengawasi.

“Itu kan di luar kewenangan Pemkab Purwakarta, karena lahan serta posisi lokasi di lahan Perhutani. Untuk antisipasi sudah instruksikan agar aparat kecamatan maupun aparat desa supaya lebih diawasi lagi lahan-lahan tidur, lahan-lahan yang tidak berfungsi. Apalagi di daerah-daerah terpencil. Mudah-mudahan tidak ada lagi di Purwakarta,” ujar Anne.

Baca Juga:  Istri Kedua Opick Meninggal Pasca-Melahirkan

Anne sendiri kaget dengan ditemukannya lahan yang digunakan untuk menanam ganja, apalagi berada di lahan milik Perhutani. Akan tetapi koordinasi terus dilakukan, karena untuk memberantas narkoba merupakan tanggung jawab semua elemen.

“Tetapi kita harus punya komitmen yang sama, bukan hanya pemerintah, bukan hanya pihak yang berwenang tetapi masyarakat juga harus bersama-sama dengan kita memberantas apalagi ini untuk menyelamatkan generasi muda ke depannya,” ungkap mantan mojang 1999 Purwakarta tersebut.

Camat Sukasari, Jaya Pranolo, menuturkan, adanya lahan tersebut berada di luar jangkauannya, terlebih lokasi ditemukannya di lahan milik Perhutani. Selain itu akses jalan ke lokasi yang cukup sulit.

“Kita cukup kaget juga, apalagi lokasinya kan berada di lahan milik Perhutani, dan akses lokasi jauh dari pemukiman warga,” ujarnya.

Baca Juga:  Berbagai Bantuan Logistik Korban Banjir Karawang Terus Mengalir, Ini Kata BPBD

Untuk antisipasi kejadian serupa terutama kondisi geografis Kecamatan Sukasari, Jaya akan terus melakukan koordinasi baik dengan kepolisian termasuk aparat desa.

“Koordinasi ke depannya, sosialisasikan kepada masyarakat melalui aparat desa termasuk Muspika, kalaupun masyarakat menemukan saya harap segera laporkan ke aparat setempat,” ujar dia.

Dalam rilis yang dikeluarkan pihak Perhutani, ekretaris Perusahaan, Asep Sunandar, mengatakan, akan melakukan upaya pengamanan dan penyisiran sekitar lokasi TKP dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

Sebelumnya, pada 16 Februari 2019 telah ditemukan tanaman ganja di Kampung Paranggombong, RT 14 RW 03 Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Pihak kepolisian melakukan pengecekan ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memastikan lokasi TKP tersebut.

Di lokasi TKP terdapat tanaman pepaya serta tanaman merambat lainnya seluas 1,5 hektare, yang di dalamnya ditemukan tanaman ganja secara mengelompok berukuran 20 m x 4 m dengan keluasan ± 80 meter persegi, jumlah tanaman ganja sebanyak ± 1.300 batang yang ditanam di dalam Polybag ukuran besar sejak bulan Desember 2018.

Baca Juga:  Mengenal Ciri MAP Sensor Rusak Yang Mesti Diketahu, Simak!

Petugas kepolisian dibantu oleh masyarakat melakukan operasi pengamanan ke lokasi TKP untuk mengamankan barang bukti dan memasang Police Line.

Selanjutnya Petugas Perhutani Kesatuan Pemangkuan (KPH) Purwakarta bersama Perwira Pembina (Pabin) melakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan posisi TKP berada di dalam atau di luar kawasan hutan.

Setelah dilakukan pengecekan, lokasi tersebut adalah kawasan hutan Perum Perhutani, petak 10A, RPH Paranggombong, BKPH Purwakarta berbatasan dengan Perum Jasa Tirta (PJT) Waduk Jatiluhur, masuk ke dalam wilayah administratif Kampung Paranggombong RT 14/RW 03 Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berada di titik kordinat (Y-6,49455 X107,32818). (Jul/Rls*)



Jabarnews | Berita Jawa Barat

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, (Foto: Humas Pemkab Purwakarta).