Perpustakaan Rasa Cafe Milik Masyarakat Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pengunjung yang mendatangi Gedung Perpustakaan Purwakarta, mengaku nyaman dengan perpustakaan yang ada saat ini. Selain tempat yang nyaman juga suasananya cukup berbeda dari perpustakaan pada umumnya.

“Sering datang ke perpustakaan, kalau sekarang banyak perbedaannya tempatnya nyaman, lebih tenang suasananya enak bahkan kaya dicafe,” ujar Nazda (16), siswa kelas 12 MAN Purwakarta, ketika ditemui di Gedung Perpustakaan Digital Purwakarta, Jalan K.K. Singawinata, Senin (18/2/2019).

Pengunjung merasakan perbedaan yang cukup siginifikan dibandingkan dengan suasana Perpustakaan yang dahulu, apalagi tata letak lemari baca hingga tempat duduk serta ornamen perpustakaan yang sangat berbeda.

Baca Juga:  Pemkab Majalengka Seriusi Akses Menuju Obyek Wisata

Yusan (27), salah seorang pengunjung yang datang bersama anaknya, menuturkan cukup betah berlama-lama di Perpustakaan yang pada 12 Februari lalu baru saja di-launching.

“Enak kalau sekarang, betah apalagi kan ruang baca anak dan dewasa dipisah,” ujar dia.

Selain tata letak ruang baca yang lebih spesifik, Perpustakaan Purwakarta memiliki berbagai fasilitas, di antaranya ruang laktasi, ruang VIP dan Referensi termasuk toilet yang berstandar serta nantinya akan ditambah dengan keberadaan Mushola yang baru.

Baca Juga:  Belajar Membuat Gerabah Di Kampung Kahuripan

“Tahun ini akan kita tambah fasilitasnya dengan mushola yang resprentatif untuk pengunjung yang akan melaksanakan kewajibannya dalam beribadah,” ujar Sekretaris Dinas Arsip & Perpustakaan Purwakarta, Dra.Hj. Netty Dewi Purnamawati, M. Kes, ketika ditemui di Perpustakaan Digital Purwakarta.

Sedangkan, untuk fasilitas lainnya seperti toilet, Netty menuturkan, keberadaannya terpisah dan bersatu dengan diorama digital, bahkan dilengkapi dengan pentunjuk jalan, selain itu kondisinya berstandar sehat.

“Fasilitas yang kita perhatikan, untuk toilet ya memang satukan dengan diorama karena akses jalannya cukup dekat. Kan baik perpus maupun diorama masih dalam satu area,apalagi toiletnya berstandar serta badega kebersihan selalu stanby,” ujar Netty.

Baca Juga:  Aktifitas Ekonomi Warga Terganggu, Jalan Provinsi di Selatan Cianjur Rusak Berat

Suasana Perpustakaan Purwakarta, dirasakan cukup nyaman apalagi tata letak baca yang membuat nyaman, posisi duduk pun dirasakan cukup nyaman seperti berada di cafe-cafe.

“Inginkan suasana berbeda, apalagi kan ini pelayanan publik jadi kita harus berikan pelayanan terbaik mau siapapun yang datang ke sini harus dilayani dengan baik tanpa dibeda-bedakan,” ungkapnya. (Jul/Rls*)

Jabarnews | Berita Jawa Barat