Lima Sungai Besar Ancam Abrasi Di Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Lima sungai besar yang mengalir ke wilayah Majalengka menjadi faktor pemicu adanya abrasi yang mengancam pemukiman. ‎Ke-5 sungai tersebut yakni Cilutung, Cideres, Cimanuk, Cikeruh, dan Ciwaringin.

Kepala Bidang Pemukiman dan Pengolahan Sumber Air, Dinas Perumahan Permukiman dan Sumber Daya Air ‎Kabupaten Majalengka, Tatang G., mengatakan, adanya lima sungai yang mengalir di wilayah Majalengka membuat sebagian wilayah rawan abrasi. Namun pihaknya mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke pihak BBWS.

Baca Juga:  Gubernur Jabar 2018-2023, Jokowi Lantik Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum

“Di wilayah Kecamatan Ligung ada yang cukup arah yakni Ampel, Sukawera dan Leuweunghapit. Serta di wilayah Jatitujuh dan Pangkalanpari, yang ini sudah diajukan untuk dinormalisasi,” ungkapnya, Rabu (20/2).

Tatang mengatakan, dari lima sungai besar yang mengalir itu tercatat ada 55 titik sungai termasuk kategori kritis, karena berpotensi menjadi pemicu abrasi.

Baca Juga:  Gawat.. Akta Cerai Palsu Gentayangan di Purwakarta, Ini Kata Pengadilan Agama

Dia menyebutkan, sejumlah desa yang rawan di antaranya Desa Kasturi Kecamatan Cikijing, Nunuk Baru Kecamatan Maja, Panjalin Kidul-Prapatan-Lojikobong Kecamatan Sumberjaya, Cigasong, danLeuwiseeng Kecamatan Panyingkiran.

“Oleh karenanya warga yang tinggal di dekat sungai-sungai itu harus selalu waspada dan hati-hati, karena banjir bisa datang kapan saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sementara itu, salah seorang warga di Jatitujuh, Tandi, yang tinggal di Blok Klewih dekat jembatan gantung, saat ini ‎kondisi pondasi jembatan tersebut sebagian sudah mulai terkikis oleh Abrasi sungai Cimanuk. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat