Peringati HPSN, Polair Purwakarta Bersihkan Danau Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA –  Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari setiap tahunnya, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta lakukan pembersihan pesisir Danau Jatiluhur.

Kasat Polair Polres Purwakarta AKP Febriyanto menuturkan, kegiatan tersebut sebagai kepedulian Polair terhadap lingkungan dan juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia sesuai instruksi langsung Ibu Kapolri.

“Ini juga sebagai dukungan terhadap program pemerintah pusat, dalam hal ini Citarum Harum,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Yang Akan Terjadi Apabila Mobil Pick Up Sering Membawa Muatan Berlebih

Febryanto menambahkan, sasaran kegiatan bersih-bersih sampah Satpolair Purwakarta yakni sepanjang pesisir pantai Pelabuhan Biru Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

“Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB ini. Sedikitnya melibatkan 167 orang, terdiri dari personil Satpolair Polres Purwakarta, Koramil 1905/Jatiluhur, Polsek Jatiluhur, Aparatur Desa Jatimekar, Balai Riset dan Konservasi, PJT II Jatiluhur, ASDP Jatiluhur, hingga Ibu-ibu Bhayangkari,” ujaranya.

Baca Juga:  Jokowi Bagi-bagi Tanah di Sukabumi

Selain itu, tambah Kasat Polair, pihaknya juga mengajak berbagai komunitas dan paguyuban. Di antaranya Komunitas Pariwisata Air Jatiluhur, Pokmaswas Jatiluhur,  Komunitas Baraya Kelong, Matahari Jatiluhur, Petani KJA serta, dan masyarakat pesisir.

Sebelum melakukan bersih-bersih, kata Febriyanto, terlebih dahulu digelar apel bersama dan pembacaan deklarasi yang diikuti para peserta. 

“Deklarasi tersebut berisi tiga poin utama. Pertama, menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan Danau Ir H Djuanda Jatiluhur. Kedua, memelihara kelestarian lingkungan Danau Ir H Djuanda Jatiluhur, dan Ketiga, mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai,” ucap Febriyanto.

         

Ada pun jumlah sampah yang terkumpul sebanyak 3.500 kilogram, yang terdiri dari sampah bambu dan kayu, sampah kain, sampah plastik, dan sampah eceng gondok. (Gin

Baca Juga:  Wajah Terlihat Lebih Muda Dengan Trik Makeup Ini

Jabarnews | Berita Jawa Barat