Momentum HPSN, Mapala Jalak Hitam gelar Aksi Pungut Sampah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jalak Hitam Polibisnis menggelar Aksi Pungut Sampah dan me-launching Unit Bank Sampah, Kamis (21/2/2019).

Peringatan HPSN kali ini Mapala Jalak Hitam mengangkat tema Selamatkan Bumi dengan Generasi Peduli Sampah yang digelar di Kampus Polibisnis Jalan Veteran No. 74, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta.

Humas Mapala Jalak Hitam Polibisnis Ariana Larasati mengatakan, permasalahan sampah menjadi isu global.

“Di sisi lain, kepedulian masyarakat, khususnya generasi muda terhadap sampah, dirasa masih minim,” ujar mahasiswi yang akrab disapa Apung tersebut.

Baca Juga:  Terakhir Daftar ke KPU, Oded-Yana Disambut Guyuran Hujan

Karenanya, lanjut Apung, Mapala Jalak Hitam Polibisnis merasa turut bertanggungjawab memberikan edukasi kepada generasi muda agar peduli terhadap permasalahan sampah.

“Sebagai langkah nyata dan bertepatan dengan HPSN, kami me-launching Unit Bank Sampah di bawah naungan Bank Sampah Panulisan. Unit ini yang ke-8 di Purwakarta,” ungkap Apung.

Ia menjelaskan, terbentuknya Unit Bank Sampah Mapala Jalak Hitam Polibisnis berawal dari rutinitas anggota Jalak Hitam yang kerap mengumpulkan botol dan gelas plastik di kantin.

Baca Juga:  Atep dan Airlangga 'Diminta' PSIS

“Bayangkan saja, dalam semalam kami biasa mengumpulkan 4-5 karung sampah plastik. Kemudian, jika dilihat sepintas, botol dan gelas plastik ini adalah sampah. Padahal, sampah ini memiliki nilai lebih,” ujarnya.

Oleh karenanya, tambah Apung, pihaknya menambung sampah-sampah itu di Unit Bank Sampah.

“Setelah terkumpul, sampah-sampah plastik ini sedara rutin dan berkala diambil oleh Bank Sampah pusat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ikhsan Rinaldi menyebutkan, sedikitnya ada 250 peserta yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai sekolah di Purwakarta.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Agustus 2018

Di antara peserta yang paling antusias adalah kawan-kawan dari SLB yang sangat bersemangat mengikuti aksi pungut sampah. 

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Mapala dari berbagai kampus di Purwakarta. Bahkan kawan-kawan Mapala dari Subang, Karawang, Bandung, Jakarta, hingga Medan pun menyempatkan hadir,” ucapnya.

Ikhsan berharap, berbagai kegiatan dan aksi dalam peringatan HPSN kali ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat.

“Kita harap generasi muda peduli terhadap pengelolaan sampah yang bermanfaat dan memiliki nilai lebih,” pungkasnya. (Gin

Jabarnews | Berita Jawa Barat