Emil: Perjuangan KH. Zainal Mustafa Sampai Kapanpun Harus Kita pertahankan

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  menghadiri acara Peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional KH. Z Mustafa ke-75 dan Tasyakur Hari Jadi Pesantren Sukamanah ke-92 di Pondok Pesantren KH. Z Mustafa Sukamanah, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/2/2019).

Pesantren Sukamanah di Tasikmalaya menjadi saksi gugurnya 86 syuhada yang dipimpin KH. Zainal Mustafa. Ketika itu pada 25 Februari 1944 (1 Rabi’ul Awwal 1365 H) atau 75 tahun lalu Zainal Mustafa bersama para santrinya itu berperang melawan kebathilan penjajahan Jepang.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Tangkap Pemakai Narkoba di Tol Cipali

Atas perjuangannya itu, KH. Zainal Mustafa dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dengan SK Presiden Nomor: 064/TK Tahun 1972 Tanggal 20 November 1972.

“Sebagai upaya untuk melanjutkan dan mempertahankan perjuangan KH. Zainal Mustafa, kita bisa lakukan dengan cara berjuang menjadi manusia terbaik, serta memberikan manfaat banyak untuk masyarakat,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil dalam acara tersebut.

Baca Juga:  Buntut Pilkades Waringinsari Kisruh, Polres Cianjur Amankan Pelaku

Oleh karena itu, lanjutnya Emil perjuangan KH. Zainal Mustafa sampai kapanpun harus  dipertahankan, sampai kapan pun harus dilanjutkan perjuangannya. 

“Dengan cara kita menjadi manusia terbaik di zaman ini dengan memberikan kebermanfaatan,” kata Emil 

Baca Juga:  Keinginan Pemkab Purwakarta di Peringatan HAS 2019

Emil mengatakan hidup bukanlah soal urusan menang atau kalah. Hidup itu adalah semangat memperjuangkan keyakinan tentang sebuah kebenaran.

“Kalau Almarhum Musyahid KH. Zainal Mustafa hanya menghitung untung rugi tidak akan melakukan apa yang diputuskan saat itu,” pungkas Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat