aqua

Mangkrak Sejak Era Soeharto, Sirkuit Mandalika Lombok Digunakan Gelaran MotoGP 2021

KEK Mandalika, Lombok, (Foto: Kendole).

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sesungguhnya proyek lama. Ia dirancang di era Soeharto, saat Joop Ave menjabat Dirjen Pariwisata. Pada 1989, pemerintah menunjuk BUMN Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) sebagai pelaksana proyek.

Proyek pengembangan KEK Mandalika mencakup area seluas 1.175 hektare di pantai selatan Pulau Lombok dengan garis pantai sepanjang 9 kilometer di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Baca Juga:

Viral, Sendal Jepit dan Segelas Air Putih Jadi Mahar Pernikahan

Anggota Polisi Tolak Laporan Anak yang Ingin Penjarakan Ibu Kandung, Ini Alasannya



Dalam perjalanannya, LTDC tidak banyak melakukan pembangunan berarti. Ia terlilit persoalan pendanaan. Alhasil, pada 1998, LTDC dinyatakan bangkrut. Aset LTDC lalu diambil PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono, pengembangan Mandalika berlanjut lagi. Pada 2011, SBY meresmikan proyek kawasan pariwisata Mandalika senilai Rp27 triliun dengan masa pembangunan 10 tahun.

Bahkan, investor nasional kala itu juga ingin berpartisipasi di Mandalika. MNC Grup melalui PT Global Land Development misalnya. Mereka berencana membangun taman terpadu, sirkuit Formula 1, dan lain sebagainya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Tags : lombok mandalika lombok MotoGP 2021

berita terkait

Bursa Inovasi Desa Harus Terus Berlanjut

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi