aqua

Hati-hati, Tujuh Situ Di Kota Depok Tercemar Sedang Hingga Berat

Situ Sawangan, Kota Depok, (Foto: WordPress.com).

JABARNEWS | DEPOK - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menyebutkan dari 20 situ aktif di Kota Depok, berdasarkan hasil kajian setiap tahun, ada tujuh situ masuk dalam kategori tercemar sedang-berat.

Kasi Pengendalian Pencemaran DLHK Kota Depok, Mochammad Isa, mengatakan, setiap satu tahun sekali pihaknya rutin mengecek Daya Tampung Beban Pencemaran (DTBP) di situ, sunga dan kali. Dari hasil kajian itu, air di tujuh situ mengalami pencemaran dari limbah.

Baca Juga:

Kota Depok Kembali Raih Penghargaan KLA Nindya Berturut-Turut

KPPS Pemilu Meninggal Dunia di Depok Disantuni 36 Juta



"Iya ada tujuh situ yang sudah kami kaji dan tingkat pencemarannya berada pada kategori sedang-berat, dengan DTBP-nya antara 60-80 persen," kata Isa, di Kantor DLHK Kota Depok, dikutip Radar Depok, Rabu (27/2/2019).

Isa menjelaskan, kajian DTBP dilakukan untuk melihat seberapa besar kondisi pencemaran di suatu situ. Alat untuk mengkajinya bisa dilakukan dari air, perilaku masyarakat, dan kegiatan di sekitar Situ.

"Kalau di sekitar Situ padat penduduk, kontribusi masyarakat dalam menghasilkan limbah ke situ pasti besar juga. Dampaknya, rusak kualitas air karena limbah domestik langsung masuk ke situ," jelas Isa.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DLHK Kota Depok kota depok situ kota depok

berita terkait

Warung Kecil di Depok Simpan Sabu-sabu 20 kg

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi