HUT Pomal Ke-73, Danlanal Cirebon Tegaskan TNI Militer Angkatan Laut Netral

JABARNEWS I KOTA CIREBON – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon, Letkol Maritim Yustinus Rudiman menegaskan, TNI Militer Angkatan Laut netral terhadap Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan HUT ke-73 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) di Makopomal Cirebon Jalan Raya Gunung Jati, Gunung Jati, Cirebon, Rabu (27/2/2019).

Di HUT ke-73 tersebut, Pomal mengambil tema ‘Dengan Semangat Wijna Wira Widyaka Polisi Militer Angkatan Laut Siap Menjaga Netralitas, Soliditas dan Sinergitas TNI-POLRI guna Mensukseskan Pemilu 2019’.

Baca Juga:  Ade Yasin Usulkan Kawasan Rindu Alam di Puncak Bogor Jadi Ruang Terbuka Hijau

“Tema tersebut bermakna ungkapan sebagai Polisi Militer Angkatan Laut siap mengamankan dan mensukseskan agenda nasional dan bertekad menjaga netralitas dalam Pemilu 2019,” tegas Danlanal Cirebon Letkol Maritim Yustinus Rudiman.

Baca Juga:  Diduga Membawa Sabu, Satpam Proyek Kawasan Industri Deltamas Ditangkap

Yustinus juga mengungkapkan, netralitas TNI Angkatan Laut terutama dalam agenda nasional telah tertuang dalam buku saku netralitas TNI.

“Pada agenda nasional ini prajurit TNI Angkatan Laut harus tetap menjamin netralitas TNI sesuai amanah dalam Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan kebijakan Panglima yang tertuang dalam buku saku netralitas TNI,” jelas Yustinus.

Baca Juga:  Kepala BKPSDM Purwakarta, Apresiasi Kinerja Petugas Kebersihan

Selanjutnya, Yustinus juga menjelaskan, bagi PNS maupun keluarga TNI yang memiliki hak pilih diharapkan memilih sesuai keinginan masing-masing, dan pihaknya tidak memberi intervensi.

“TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam setiap kegiatan politik praktis,” jelas Yustinus. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat