Polri: Polisi Tembak Rekannya Terancam Dapat Hukuman Mati

JABARNEWS | DEPOK – Kakor Polairud Baharkam Polri Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara menyatakan Brigadir Rangga Tianto terancam mendapatkan hukuman mati, karena melakukan penembakkan terhadap Bripka Rachmad Effendi hingga tewas.

“Saya atasan pelaku. Dia akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” kata Zulkarnain ketika ditemui di rumah duka alhamrhum Bripka Rahmat Effendi di Depok, Jumat (26/7/2019).

Baca Juga:  Pelaku Pembacokan Siswa di Bogor Divonis Sembilan Tahun Penjara

Ia mengatakan jika melalui pidana umum ancaman menghilangkan nyawa orang lain bisa seumur hidup atau hukuman mati, itu sesuai dengan undang-undangnya, pasal 338 KUHP kalau dalam perencanaan pasal 340 KUHP.

Zulkarnaen menjelaskan setiap anggota Polri yang melakukan pidana umum diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kalau etika profesi dia bisa kena pemberhentian tidak dengan hormat alias dipecat,” jelasnya.

Baca Juga:  Pengantin Baru Ditemukan Tewas di Pantai Citepus Sukabumi, Polisi Beberkan Hal Ini

Bripka Rahmat ditembak oleh Brigadir Rangga di Polsek Cimanggis, pada Kamis (25/7/2019) malam. Rangga emosi lantaran pelaku tawuran berinisial FZ akan diproses oleh Rahmat.

Rahmat adalah sebagai pelapor dalam peristiwa tawuran, dan membawa FZ ke Polsek Cimanggis.

Zulkarnaen mengatakan mengenai senjata yang dibawa pelaku akan didalami karena saat kejadian pelaku sedang tidak bertugas.

Baca Juga:  Ini Persyarat Nikah Yang Wajib Kamu Bawa Ke KUA

“Memang seharusnya tidak boleh bawa senjata kecuali memang saat bertugas,” ucapnya.

Mengenai psikologi pelaku kata dia, tiap anggota kepolisian sesuai prosedur harus menjalani psikotes. Dan setiap dua tahun sekali dilakukan psikotes kembali sehingga tidak sekali tes saja. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat