BPD Salem Purwakarta Diminta Menjadi Corong Aspirasi Warga Desa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Usai dilantik langsung oleh Bupati Purwakarta, beberapa waktu lalu, akhirnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Salem, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten laksanakan prosesi serah terima jabatan dari pengurus BPD lama yang diketuai Surahman beralih ke Ato’i Aldodo.

“BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya merupakan mitra kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan,” kata camat Pondoksalam, Dede Sanusi, saat memberikan sambutan di sertijab BPD Salem, periode 2019-2024, Rabu (6/3/2019).

Baca Juga:  PMII Purwakarta Berharap Bapenda Transparan Terkait PAD

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan bahwa BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Juga roda pemerintahan desa akan berjalan dengan baik bila kedua unsur yakni kepala desa dan BPD bekerjasama dan bersinergi.

Ditempat yang sama, Pejabat Kepala Desa Salem, Yudi Ginanjar, mengatakan, kepengurusan BPD Salem yang baru ini hendaknya mampu bekerjasama dengan kepala desa dalam hal menetapkan arah kebijakan pembangunan desa secara bersama-sama.

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta: Cegah Karim Lewat Majelis Taklim

“Mari bekerja bersama dengan profesional dan tanggungjawab bersama serta tidak memanfaatkan situasi, bekerja untuk membangun desa, bekerja berdasarkan perencanaan dan berdasarkan prioritas serta saling menghargai dan berpikir positif,” katanya Yudi.

Dihubungi terpisah, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa dan PDT, Riana Afriadi mengapresiasi penuh atas proses pemilihan BPD Desa Salem ini.

Baca Juga:  Longsor Batu Timpa Mobil di Deli Serdang, Tiga Orang Meninggal Dunia

Ia berharap BPD Salem, sebagai lembaga perwujudan demokrasi, mampu menjadi corong bagi penyaluran aspirasi warga desanya.

“sebagai miniatur Dewan Perwakilan Rakyat, BPD Salem diharapkan bisa menjadi corong aspirasi warga Desa Salem dan ikut merencanakan hingga mengawasi pelaksanaan pembangunan melalui Dana Desa dan sumber anggaran lainnya dalam APBDes,” ujarnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat