bjb

Akan Ada Penghapusan Gudep di Majalengka

Pelaksanaan rapat Kwaran se-Kabupaten Majalengka bahas tentang penghapusan Gudep. (Foto: Erik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Sejumlah Gugus Depan (gudep) yang ada di sekolah tingkat dasar di Kabupaten Majalengka akan segera dihapus.
Pemutihan ini muncul karena imbas banyaknya merger, sehingga menimbulkan kekosongan pada nomor Gudep yang ditinggalkan sekolah tersebut. 
Kadisdik Majalengka, yang juga Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Majalengka H. Ahmad Suswanto mengatakan, pihaknya memberi waktu satu pekan ke depan kepada setiap Kwartir Ranting (Kwaran) di kecamatan untuk mendata dan menyinkronkan. 
‎"Terkait pemutihan Gudep ini, silakan untuk dipetakan apakah mulai dari atas, atau berdasarkan dapil. Namun saya berpendapat, akan lebih memudahkan dan ‎lebih sederhana untuk dikategorikan sesuai wilayah dapil," ungkapnya, Kamis (7/3/2019). 
Ahmad menambahkan untuk penomorannya sendiri harus dimulai dari sekolah yang paling lama atau telah lama berdiri, sehingga hal tersebut akan lebih memudahkan. Mengenai penghapusan Gudep ini ‎harus terkordinasikan dengan semua Kwaran. 

"Agar dilakukan pemberdayaan di Kwaran masing-masing. Adapun biaya untuk papan nama ataupun ukuran papan nama, itupun disesuaikan oleh Kwaran masing-masing saja, saling kordinasi,"ujarnya.
Sementara itu, salah seorang pengurus Kwarcab Majalengka, Syarif Muhoyyadin menambahkan, pemutihan ini terjadi karena memang ada merger dari setiap sekolah di beberapa kecamatan se-Kabupaten Majalengka. Misalnya di satu desa ada tiga sekolah menjadi satu sekolah.
"Itu terjadi sejak tahun 2015, sehingga terjadi kekosongan nomor dari Gudep yang bersangkutan. Jadi sepertinya ini untuk mengefektifkan nomor Gudep," tambahnya. (Rik)


Jabarnews | Berita Jawa Barat


Tags : Penghapusan Gudep Gugus Depan Gerakan Pramuka Kwarcab Majalengka
properti

berita terkait