Pengawasan dan Pendampingan Kunci Suksesnya Program Dana Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, keberhasilan program dana desa tidak lepas dari pengawasan dan pendampingan terhadap pengelolaan dana desa.

Dengan pengawasan dan pendampingan, penyerapan dana desa setiap tahunnya selalu meningkat.

Dari 82 persen pada 2015 menjadi 99 lebih pada 2019. Bukan itu saja, dari dana desa juga telah membuat sejarah baru dengan adanya pembangun infrastruktur di desa dengan masiv.

Baca Juga:  Soal Pendidikan, Emil Ingin Kembalikan Respect kepada Guru

“Bukan hanya infrastruktur dan penyerapan, program dana desa menjadi salah satu faktor menurunnya angka kemiskinan dan menurunnya angka stunting atau kekurangan gizi yang menyebabkan lambatnya perkembangan anak,” kata Menteri Eko saat memberikan kuliah umum di depan para mahasiswa Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Kamis (7/3/2019) kemarin, dilansir dari laman Rmol.co.

Baca Juga:  Tingkat Kesadaran Masyarakat Bandung Untuk Donor Darah Cukup Tinggi

Terkait dengan sukses pembangunan desa yang tidak terlepas dari pengawasan dana desa yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

“Pengawasan selama 4 tahun terakhir ini telah begitu sempurna. Apalagi, kita juga melibatkan kepolisian, kejaksaan, KPK, dan juga Satgas Dana Desa. Ditambah lagi dengan partisipasi masyarakat sehingga pembangunan desa semakin terus berjalan dengan sempurna,” ujarnya.

Baca Juga:  Brimob Polda Sumut Datangi Mako Yonif 126/KC, Ada Apa?

Sebagai penutup Eko berharap, mahasiswa seluruh Indonesia pada umumnya dan mahasiswa UNIRA pada khususnya dapat memberikan sumbangsihnya untuk membangun desa supaya menjadi lebih maju lagi. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat