Bawaslu Temukan Petugas Sorlip Susu Tidak Jalankan SOP. KPU Purwakarta: Terima Kasih

JABARNEWS | PURWAKARTA – KPU Purwakarta berterima kasih, atas temuan Bawaslu Purwakarta perihal petugas sortir lipat (Sorlip) surat suara (Susu) yang tidak sesuai SOP dalam tugasnya.

Menurut Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman dengan adanya hal tersebut pengawasan dari sejumlah pihak berjalan dan bekerja dengan baik.

“Ketika ada temuan dari Bawaslu, justru kami berterima kasih kepada pihak Bawaslu yang ikut melakukan pengawasan, berarti kinerja Bawaslu Purwakarta baik,” kata Ikhsan, saat dihubungi melalui selulernya, Jumat (8/3/2019).

Baca Juga:  Pengedar Narkoba Pematang Siantar Diringkus, Pelaku Buang Barang Bukti Ke Truk

Padahal, lanjut dia, sejak awal pihaknya telah menekankan dan mengingatkan serta memberi arahan kepada petugas dalam proses sorlip.

“Kami sudah menjelaskan kepada para ratusan petugas sorlip untuk tidak mengabaikan aturan atau SOP yang telah ditentukan dalam melakukan tugasnya,” ucapnya.

Namun demikian, tambah Ikhsan, dengan ditemukannya surat suara yang rusak, berarti menurut Ahmad proses Quality Control telah berjalan.

“Makanya kami apresiasi dan ucapan terima kasih atas atensi dari Bawaslu, sehingga kami akan lebih preventif lagi dalam pengawasan. Kalau tidak ada pngawasan bisa saja tidak terdeteksi semuanya,” ujar dia.

Baca Juga:  Larang Mudik, Polresta Deli Serdang Perketat Penyekatan di Pos Perbatasan

Bahkan, dirinya mengaku dengan temuan yang diungkapkan Bawaslu itu, KPU Purwakarta menjadi terbantu dalam proses sorlip tersebut.

“Demikian kami akan terus meningkat kewaspadaan, agar jangan sampai petugas sorlip hanya mengejar target dengan mengabaikan SOP yang berlaku,” kata dia,

Karena diketahui surat suara yang sedang dilakukan sortir dan lipat ini nantinya akan digunakan untuk pemilu serentak pada April 2019.

Baca Juga:  Dadang Kurniawan: Pembangunan Ekonomi Harus Jadi Skala Prioritas

Oleh karena itu, kata Ikhsan, proses Sorlip harus benar-benar menjadi perhatian sejumlah pihak agar menjaga kualitas pemilu yang akan berlangsung sebentar lagi.

“Yang jelas, jika benar ditemukan petugas yang mengabaikan SOP, kami akan peringatkan dan menjelaskan kembali agar pekerjaannya sesuai dengan SOP,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat