bjb

Di Purwakarta Ada Gubuk 2x4 Meter Ditempati 8 Orang

Keluarga besar Suryadi, warga Kampung Leuwi Panjang tinggal di gubuk ukuran 2x4 Meter, Senin (11/3/2019). (Foto: Gingin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kondisi kehidupan Suryadi (41), warga Kampung Leuwi Panjang, RT 22/01, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta sepertinya luput dari perhatian pemerintah daerah setempat.

Pasalnya, Ia bersama Istri, dan ketiga anaknya serta keluarga yang berjumlah 8 orang harus menempati gubuk yang berukuran 2x4 Meter.

Meski Suryadi tercatat sebagai warga Kabupaten Purwakarta, sejak 3 tahun terakhir hidup di gubuk tersebut, ia tak pernah mendapatkan bantuan dari Pemkab Purwakarta.

Selain rumahnya tidak layak huni, Suryadi beserta keluarganya juga tinggal bercampur dengan ternaknya berupa empat ekor kambing.

Suryadi yang hanya buruh serabutan di pasar Leuwi Panjang itu mengaku, dirinya tidak sanggup mengontrak rumah untuk tempat tinggalnya, jadi hanya bisa tinggal di gubuk reyot tersebut. 

"Saya paling sehari dapet uang Rp40 ribu sampai Rp50 ribu saja, jadi buat hidup sehari-hari aja gak cukup kang, apalagi buat ngontrak rumah," ujar Suryadi, saat ditemui di gubuknya, Senin (11/3/2019). 

Letak rumahnya cukup jauh dari pemukiman penduduk, setiap malam dirinya dan keluarga harus melewati tanpa cahaya lampu. 
Baca Juga:

Kekeringan, Pemkab Purwakarta Salurkan 12 Ribu Liter Air Bersih

Pemkab Purwakarta Sisir Tiap Desa Gali Potensi Wisata


"Disini nggak ada listrik kang, ya untuk malam kami hanya mengandalkan lampu yang dipasang dengan batre bekas handphone," jelasnya. 

Selain itu, setiap turun hujan air akan masuk ke dalam rumahnya yang memprihatinkan. Gubuk tempat tinggalnya pun tidak memiliki MCK yang layak untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

"Kalau hujan ya bocor dan air pasti masuk. Untuk MCK kami seadanya aja kang, tapi kalau airnya kami kadang-kadang ngambil di Mesjid, atau ambil di sumur yang kami buat untuk menampung air hujan," kata Suryadi. 

Sebagai penutup Suryadi menambahkan, saat ini ia bersama keluarga hanya bisa pasrah, apalagi, tanah yang mereka tempati itu adalah tanah milik PT Jasa Marga. (Gin)


Jabar News | Berita Jawa Barat 

Tags : Gubuk Reyot Kampung Leuwi Panjang Pemkab Purwakarta
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi