aqua

Bawaslu Minta KPU Purwakarta Serius Lakukan Simulasi Pemungutan Suara

Simulasi Pemungutan suara. (Foto: Red)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Guna memastikan tidak ada kesalahan teknis saat pemungutan suara berlansung, Bawaslu Purwakarta desak KPU Purwakarta untuk melaksanakan dan memperbanyak praktek simulasi pemungutan suara.

"Sudah kita sampaikan ke KPU, waktu rakor beberapa waktu lalu. Simulasi sangat penting dilakukan," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (11/3/2019).

Baca Juga:

HUT ke-70 Polairud, Satpolair Polres Purwakarta Bagikan Masker untuk Cegah Covid-19

Bakal Ada Kontes Cupang Tingkat Nasional di Purwakarta, Ini Jadwalnya



Ada beberapa alasan diperlukannya simulasi, lanjut dia, pertama, banyaknya petugas KPPS baru di hampir semua TPS se Purwakarta. Hal ini tentu saja akan membuat cukup gagap mereka saat bertugas.

"Nah Kedua, mekanisme pencoblosan di Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Setidaknya ada 5 surat suara yang akan dicoblos pemilih dengan kotak suara yang berbeda beda. Perlu kejelian petugas mengarahkan pemilih," jelas Binos.

Ketiga, lanjut dia, adanya pemilih pindahan. Terhadap kategori pemilih DPTb tersebut, belum tentu surat suara yang diberikan sama jumlahnya dengan pemilih lain yang statusnya pemilih biasa atau non DPTb. Artinya, petugas harus bisa memahami betul konteks dapil.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Bawaslu Purwakarta Purwakarta Oyang este binos KPU Purwakarta

berita terkait

Begini Pentingnya Pembelajaran CPA bagi Guru Sekolah Dasar

Sasar Warung, D'Jahe King hadir dengan kemasan kecil

Pegawai Konter HP di Purwakarta Gagalkan Aksi Perampokan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi