UPTD Litbang Keramik Plered Jadi Referensi Pengrajin Luar Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Keberadaan UPTD Litbang Keramik Plered di Purwakarta sebagai salah satu pusat penelitian dan pengembangan gerabah dan keramik terus mendapat sorotan dari berbagai pihak. 

Selain menjadi wisata edukasi bagi sejumlah pelajar lokal maupun luar Kabupaten Purwakarta, UPTD Litbang Keramik yang berada di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta itu pun dijadikan sebagai sumber pengembangan ilmu bagi pengrajin keramik dari luar kota. 

Pada Selasa, (12/3/2019) kemarin, Dinas Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) membawa sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) gerabah untuk mengembangkan ilmu pembuatan keramik di UPTD Litbang Keramik Plered. 

Baca Juga:  Temui Tokoh Lintas Agama, Ridwan Kamil: Kita Lindungi Umat dari Pengaruh Radikalisme

“Kegiatan ini kami lakukan guna meningkatkan SDM para pengrajin keramik di Sukabumi dalam bidang pembuatan keramik, mulai dari sain hingga kualitas keramik,” kata Kasi Industri Kerajinan Aneka Sandang (Ikas) DPESDM Kabupaten Sukabumi, Oman Abdurachman.

Oman menjelaskan, berdasarkan uji kelayakan bahan baku, tanah yang ada di Sukabumi memiliki kualitas yang layak untuk pembuatan keramik.

Bahkan kata Oman, beberapa waktu Sukabumi sempat menjadi pensuplay tanah ke Plered untuk dijadikan bahan baku keramik. 

Baca Juga:  Jendral Gatot Nurmantyo: Nonton G30S/PKI Hak Setiap Warga

Oman berharap, kegiatan yang digelar sejak 11 hingga 13 Maret 2019 itu dapat meningkatkan kualitas keramik yang ada di Sukabumi. Sehingga mampu mencukupi kebutuhan gerabah di Kota Moci tersebut. 

“Daya serap konsumen di Sukabumi terhadap Keramik Plered sangat tinggi, terbukti jika ada keramik yang datang dari Plered ke Sukabumi dalam jumlah yang lumayan banyak bisa habis dibeli masyarakat dalam waktu yang tidak cukup lama,” ujarnya. 

Sementara itu Kepala UTPD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu menyambut baik kedatangan DPESDM Sukabumi tersebut. 

Baca Juga:  Bantu Ketertiban Pemilu 2019, Pemkab Purwakarta Kerahkan 7.190 Anggota Linmas

“Sejak Senin (11/3/2019), kami berusaha memberikan yang terbaik. Kami berikan semua ilmu seputar Keramik Plered yang kami ketahui selama mereka belajar disini,” kata Bambang, Rabu (13/3/2019). 

Bambang berharap, segala fasilitas yang ia berikan dapat menunjang segala kebutuhkan para pelaku IKM saat melakukan penelitian dan pengembangan keramik di tempatnya. 

“Semoga apa yang didapat selama belajar di sini (UPTD Litbang Keramik Plered/red) dapat meningkatkan kualitas dan produksi keramik di Sukabumi,” ucap Bambang. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat