Polres Purwakarta Gencar Sosialisasikan P4GN Disetiap Kesempatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta terus gencar melakukan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah hukumnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu tak ingin generasi muda dirasuki bahaya narkoba.

Tim Sat Res Narkoba Polres Purwakarta yang dikomandoi Bripka Asep Harman kali ini melakukan sosialisasi kepada komunitas pecinta olahraha futsal di Golden Futsal, Kelurahan Munjuljaya Purwakarta.

Dirinya menyampaikan materi terkait bahaya narkoba yang saat ini terus menyasar pelajar dan remaja.

Di antaranya, menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba yang ada di Indonesia. Termasuk juga menjelaskan efek dan dampak negatif narkoba bagi penggunanya.

Baca Juga:  Liput Rumah Deret, Jurnalis Kampus Dipukuli Polisi

Tak lupa dijelaskan pula tentang ancaman dan hukuman bila mengonsumsi narkoba.

Kasat Narkoba Polres Purwakarta AKP Herri Nurcahyo mengatakan, mensana in corpore sano, (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat), artinya kebiasaan berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh.

“Ketika tubuh sehat, maka jiwa pun ikut sehat. Artinya, dengan kondisi tersebut otomatis akan terhindar dari narkoba,” kata Herri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/3/2019).

Dijelaskannya, futsal merupakan salah satu olahraga favorit remaja saat ini.

Pihaknya mengapresiasi dan mengajak para remaja penghobi futsal untuk ikut memerangi narkoba dan menjadi agent of change di lingkungannya.

Baca Juga:  Emil Titip Majalengka Jangan Terpedaya Berita Hoaks

Dirinya juga meyakini, remaja yang gemar berolahraga biasanya juga memiliki benteng yang kuat sehingga tak mudah terpengaruh narkoba. 

“Mudah-mudahan melalui penyuluhan bahaya narkoba door to door ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang bahaya narkoba. Dan mereka mau menyebarkan informasi yang didapatnya itu ke lingkungan di sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Heri menyebutkan, pihaknya terus bergerak, berikhtiar, dan berupaya dalam rangka pencegahan bahaya narkoba kepada seluruh kelompok dan elemen di Purwakarta.

“Di samping terus melakukan pengungkapan kasus dan penangkapan para tersangka pengedar narkoba,” tegasnya.

Salah seorang remaja, Heru Ginanjar (16) mengaku tertarik saat Tim Sat Res Narkoba Purwakarta mengajak ia dan teman-temannya berkumpul untuk mengikuti sosialisasi P4GN di sela bermain futsal.

Baca Juga:  Gomez dan Soler Pernah Ditawari Latih Timnas

“Kami tertarik dengan penyuluhan seperti ini. Apalagi pak polisinya yang datang berkunjung ke sini (Golden Futsal, red). Banyak informasi terkait narkoba yang baru kami ketahui,” kata Heru.

Senada disampaikan Dede Sumarto (16), menurutnya, selama ini mengetahui kalau narkoba itu berbahaya. Tapi seperti apa bahayanya dirinya belum mengetahuinya.

“Ya baru tahu tadi. Termasuk jenis-jenisnya dan pengaruhnya, ngeri juga sih. Ya, daripada mengonsumsi narkoba lebih baik main futsal,” ujarnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat