Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran, warga dikecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta padamkan api yang lalap sebuah ruko dengan alat seadanya pada, Sabtu (23/3/2019) dini hari.

Ruko yang hangus terbakar tersebut merupakan milik Endang (48) warga Kampung Depok RT 09/05, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Menurut salah seorang warga sekitar M. Zaki Yusuf, berkat kerja keras warga dengan peralatan seadanya, sehingga api dapat dipadamkan, namun api juga merjalar ke rumah terdekat.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Doa Meminta Kesembuhan Ketika Sakit Kepada Allah SWT

“Api merambat ke rumah kakak saya yang kebetulan tetangga dari ruko tersebut, dan merusak atap depan rumah milik kakak saya. Bangunan tersebut merupakan tempat tinggal, toko sembako dan ornerdil motor. Untuk dugaan Sementara kebakaran di picu dari bensin, karena tempat tersebut juga menjual bensin eceran,” kata Zaki.

Kejadian tersebut, lanjut dia, terjadi pada sekitar pukul 03.00 dan api baru bisa di padamkan sekitar pukul 09.00.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Suntik Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

“Gak ada petugas Damkar yang membantu pemadam api tersebut, warga hanya menggunakan peralatan seadanya seperti ember, dan gayung. Jadi saja semuanya habis terbakar,” jelas Zaki.

Menurut, jarak tempuh antara Pos Pemadam Kebakaran dengan lokasi kebakaran yang relatif jauh, menjadi hambatan Damkar tidak ada.

“Saya harap sih ada Pos Damkar terdekat dengan Kecamatan Sukasari, agar jika ada kejadian seperti ini bisa langsung datang,” harapnya.

Baca Juga:  Walkot Buat Surat Edaran Besok Harus Libur

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengaku, tidak ada laporan mengenai kebakaran yang terjadi di Kecamatan Sukasari.

“Tidak ada laporan kebakaran di Sukasari kang, ya kalau ada laporan pasti anggota kami datang meski jaraknya jauh juga, jika wilayah Purwakarta kami akan datang,” kata pria yang akarab disapa Wibi, saat dihubungi melalui selulernya. (Gin)


Jabar News | Berita Jawa Barat