Ribuan Masyarakat Hadiri Festival Manggis Purwakarta 2019

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ribuan masyarakat hadiri Festival Manggis Purwakarta 2019 di Desa Babakan Wanayasa, Purwakarta, Sabtu (23/3/2019).

Festival Manggis Purwakarta 2019 yang digelar bertujuan untuk mempromosikan salah satu komoditi andalan Kabupaten Purwakarta.

Selain bisa menikmati lezatnya si ratu buah tropis itu dengan cuma-cuma, warga juga disuguhi hiburan, bazar dan sejumlah lomba yang disiapkan panitia.

Ketua Penyelenggara Iyus Permana dalam laporannya mengatakan, potensi Manggis di wilayah ini cukup besar.

Bahkan, saat ini Purwakarta menjadi salah satu wilayah pengekspor buah dengan kulit hitam kemerahan ini.

“Kami menangkap potensi lain dari Desa Babakan yang menjadi salah satu sentra buah manggis di Purwakarta. Salah satunya, menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Festival ini adalah salah satu upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan,” kata pria yang juga sebagai Penjabat Sekda Purwakarta tersebut.

Baca Juga:  Terima 130.000 Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Prajurit TNI Mulai Disuntik Lusa

Sementara itu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, festival ini adalah untuk mendukung dan memotivasi para petani manggis di wilayah Purwakarta agar bisa meningkatkan produktifitas dan kualitas tanaman.

Selain itu Bupati yang biasa disapa Ambu Anne tersebut mengungkapkan, akan mempersiapkan kawasan perkebunan manggis, di Desa Pusakamulya, Kiarapedes.

“Kita siapkan lahan seluas lima hektar, sebagai salah satu kawasan perkebunan manggis,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengingatkan, agar pentingnya menjaga kualitas, terlebih manggis Purwakarta sudah tersertifikasi bahkan sudah memiliki pasar ekspor.

Baca Juga:  Demiz Pertimbangkan Kehadirannya Di Debat Akhir

Sehingga dirinya meminta agar tidak ada manggis diluar Purwakarta ketika panen raya.

“Manggis kita sudah berkualitas,terus tingkatkan dan jadi perhatian kita bersama untuk kedepannya,” ujar dia.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan menambahkan, perkebunan manggis di wilayah Purwakarta cukup luas mencapai 1.500 hektare.

Perkebunan manggis ini tersebar di empat kecamatan, salah satunya di Kecamatan Wanayasa.

“Saat ini, manggis Purwakarta atau yang lebih terkenal Manggis Wanayasa, sudah menembus pasa ekspor. Adapun negara tujuannya salah satunya Cina,” kata Agus.

Baca Juga:  Perpusnas Expo 2019 Hadirkan Seri Prangko Naskah Kuno Nusantara

Adapun rata-rata hasil produksi manggis mencapai 47 ton per hektare. Hasil panen tersebut, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Salah seorang pengunjung Festival Manggis Purwakarta 2019, Yeni Triwahyuni (32) mengatakan, di lokasi festival ia merasa puas menikmati buah yang rasanya manis serta asam itu secara gratis.

“Menarik, kita juga jadi tahu sejumlah produk hasil olahan dari buah manggis. Saya juga jadi mengetahui trik dan tips cara mudah menanam pohon manggis,” kata warga Pasawahan yang datang bersama keluarganya itu. (Red/Rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat