Komisi X DPR RI Menilai Persiapan UN di Purwakarta Cukup Baik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI, Popong Otje Djundjunan mengatakan, setelah berkunjung ke tiga sekolah di Purwakarta, ia menilai bahwa persiapan Ujian Nasional (UN) yang berbasis komputer maupun kertas pensil telah baik.

“Pada umumnya SMP dan SMA sudah bagus dalam hal persiapannya. Hanya saja sarana dan prasarana, serta bangunannya harus masih ditingkatkan,” ucapnya Anggota Komisi X DPR RI yang akrab disapa Ceu Popong saat memantau persiapan UN di Kabupaten Purwakarta, Kamis (14/3/2019).

Ceu Popong mengaku bahwa pihaknya dengan sengaja membuat jadwal untuk memantau langsung kesiapan UN. Walaupun menurutnya setiap tahun terus dilakukannya.

Baca Juga:  Ferdy Sambo Tak Jadi Dihukum Mati, Pengajuan Kasasi Diterima MA

“Kami punya kewajiban untuk melihat dengan mata kepala sendiri, dengar dan tanya sendiri sampai dimana persiapannya,” kata Ceu Popong.

Dia menjelaskan saat ini sejumlah anggota Komisi X sedang berkeliling ke daerah-daerah untuk tujuan serupa. Akhir-akhir ini sedang berada di wilayah Jawa Barat karena daerah lain telah disambangi sebelumnya.

Sementara itu dihadapan anggota Komisi X, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan bahwa Kabupaten Purwakarta siap menggelar UNBK 2019.

Baca Juga:  Ada Fitur Baru dari WhatsApp, Bisa Mengembalikan Pesan yang Dihapus

Walaupun secara kesiapan dari fasilitas seperti komputer belum 100 persen.

“Walaupun belum 100 persen karena masih ada sekolah yang belum memiliki komputer secara mandiri, tetapi kami siap laksanakan UNBK,” ungkap Bupati yang biasa disapa Ambu Anne.

Anne mengatakan dengan begitu, untuk 2020 dirinya bersama Dinas Pendidikan Purwakarta menargetkan bahwa pelaksanaan UNBK di Purwakarta bisa 100 persen.

Sebelumnya Dinas Pendidikan, melansir persiapan UNBK di Kabupaten Purwakarta baru mencapai 81 persen, baik sekolah Negeri maupun Swasta.

Baca Juga:  Tim Densus 88 Terus Lakukan Penangkapan Di Cirebon

“Kami targetkan bisa 100 persen, karena pendidikan adalah salah satu fokus kami, karena bukan hanya infrastruktur, sarana dan prasarana sekolah, pendidik pun kita dorong untuk memenuhi standar,” kata Anne.

Untuk diketahui, selain Ceu Popong, hadir pula anggota komisi X DPR RI lain yang mendampinginya, yaitu Titik Prasetyowati, serta rombongan dari Kementerian Pendidikan dan jajaran Pemda Purwakarta. (Red/Rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat