Menteri Eko Akan Kirim 700 Pendamping Desa Studi Banding ke Luar Negeri

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk membangun visi dan gagasan memajukan desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berencana akan mengirim 700 pendamping desa ke luar negeri untuk studi banding.

“Rencana mengirim 700 orang pendamping desa ke luar negeri untuk studi banding supaya ada visi supaya menjadikan desa-desa percontohan,” ungkap Menteri Eko saat memberi pengarahan dan diskusi bersama Kepala Desa se-Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, dilansir dari laman Okezone.com, Jumat (8/3/2019).

Baca Juga:  Antusiasnya Warga Saksikan Tradisi Gong Sekaten Keraton Kanoman Cirebon

Menteri Eko menambahkan para pendamping desa tersebut tak hanya membayangkan perkembangan di negara lain, tapi juga melihat secara langsung sehingga apa yang dirasa baik bisa diterapkan di Indonesia.

“Goal-nya mereka dapat visi dan menerapkan di desa. Tidak hanya membayangkan. Dengan mereka lihat mudah-mudahan mereka bisa membuat visi dan dapat ide supaya diterapkan untuk percepatan pembangunan desa di Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Timses Jokowi Minta Polri Usut Tuntas Pelaku Penyebaran Hoax Ratna Sarumpaet

Negara-negara dengan tujuan wisata menjadi bidikan Kementerian Desa untuk pengembangan visi misi pendamping desanya.

“Negaranya tergantung, yang paling sukses untuk produk di dunia ya Korea dan Jepang. Untuk pariwisata Thailand sama China,” ujarnya.

Baca Juga:  Atap Tribun Penonton Formula E Roboh, Polisi Masih Selidiki Penyebabnya

Terkait siapa pendamping desa yang akan diberangkatkan ke luar negeri, pihaknya telah menetapkan standar dan kriteria seperti apa pendamping desa yang akan diajak ‘melancong’ ke luar negeri.

“Akan diseleksi akan ada kriterianya. Itu sudah kriterianya, tapi saya tidak hafal,” katanya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat