Gebyar Dikbud di Garut Dimeriahkan Siswa SLB

JABARNEWS | GARUT – Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) di Garut turut dimeriahkan penampilan siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB).

Siswa-siswa SLB se-Kabupaten Garut mengisi pertunjukan dengan bermain angklung dan bernyanyi yang digelar di Pendopo Bupati Garut, Sabtu (23/3/2019).

Penampilan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tersebut menyita perhatian hadirin, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Mendikbud berharap agar pendidikan dapat lebih maju di semua jenjang, termasuk pendidikan khusus.

“Mudah-mudahan pendidikan di Jawa Barat akan semakin maju dan tentunya harus didukung oleh daerah atau pemerintah kabupaten/kota,” ujarnya, dilansir dari laman Jpp.go.id.

Pertunjukan angklung yang ditampilkan oleh ABK tersebut juga disaksikan oleh gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Hujan Deras dan Angin Kencang di Sukabumi Picu Longsor dan Sekolah Ambruk

Hal ini membuatnya yakin bahwa pendidikan inklusi harus terus didukung.

“Kami memastikan pendidikan inklusi di Jawa Barat. Saat ini ada 300-an SLB, dan Insya Allah semua sekolah negeri wajib inklusi,” ucapnya. 

Sekolah Inklusi adalah sekolah regular (non-SLB) yang juga melayani pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Di sekolah reguler, anak-anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak-anak normal lainnya, dengan pendampingan guru khusus selama kegiatan belajar mengajar. 

Pada kesempatan itu, Mendikbud juga memberikan hadiah kepada Hendri, siswa SLB yang tampil menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan bahasa isyarat. 

Baca Juga:  Jauhkan Gedget Dari Anak Secara Bertahap

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid pada kesempatan yang sama menyampaikan, sangat mengapresiasi penampilan siswa-siswi SLB tersebut.

“Sepanjang acara kami sangat terkesan dengan penampilan luar biasa dari seluruh siswa, khususnya untuk SLB 1 Cilawu, Garut. Kami sudah memutuskan memberikan bantuan kesenian berupa gamelan Sunda,” tuturnya. 

Bupati Garut, Rudy Gunawan, berharap agar siswa berkebutuhan khusus terus diperhatikan pemerintah.

“Tadi kita sangat terharu melihat penampilan anak-anak kita dari SLB, tentunya nanti akan mendapatkan perhatian dari bapak gubernur, dan saya yakin banyak inovasi dari bapak gubernur untuk SLB yang ada di kabupaten Garut ini,” katanya saat memberikan sambutan. 

Baca Juga:  Wow! Ternyata ini Alasan Kenapa Mantan Sering Ngajak Balikan

Turut hadir dalam acara ini, anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, para pejabat eselon I dan II Kemendikbud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Totong.

Beragam hadiah seperti sepeda motor, sepeda, dan laptop diberikan kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari Mendikbud, Gubernur, Bupati, dan para pejabat eselon I Kemendikbud. 

Acara Gebyar Dikbud di Kabupaten Garut ini juga diisi dengan pameran produk-produk hasil karya siswa mulai dari TK, SD, SMP, SMK, dan SLB. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat