Ratusan Komunitas Otomotif Jabar deklarasi Pemilu Damai

JABARNEWS | BANDUNG – Ratusan komunitas otomotif di Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (24/3/2019).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang turut menyaksikan deklarasi tersebut menyampaikan pesannya untuk para anggota komunitas dan masyarakat jelang pemilu yang akan digelar kurang dari sebulan tersebut.

Pria yang akrab disapa Emil tersebut berpesan agar masyarakat tidak golput dan bisa menggunakan hak pilihnya secara maksimal.

Sementara dari sisi kondusivitas keamanan, masyarakat diminta turut mendukung pihak kepolisian dan TNI dalam menjaga Pemilu 2019 agar tetap berlangsung aman, damai, dan tenang.

Selain itu, Emil juga berpesan agar masyarakat jangan mudah terpancing oleh berita hoaks yang beredar.

Dia mengimbau agar masyarakat bisa mengecek terlebih dahulu sebelum membagi atau percaya terhadap suatu berita dan caranya dengan mengecek situs berita dari kantor media besar dan ternama.

Baca Juga:  Heboh Seorang Pria Tergeletak Sekitar Jembatan Cigangsa Purwakarta, Diduga Karena Ini

“Lawan berita bohong menjelang pemilu, jangan golput karena nanti rugi salah milih pemimpin lima tahun, dukung TNI/Polri untuk menjaga kondusifitas seperti Pilgub Jabar (2018) tenang. Jangan jadi provokator,” kata Emil dalam sambutannya di Deklarasi Pemilu Damai Komunitas Otomotif di Jabar yang merupakan bagian dari rangkaian acara “Riung Mungpulung Komunitas Otomotif Bersama Polda Jabar 2019” ini.

Hal yang sama juga diminta oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Masyarakat diminta tidak mudah terhasut oleh berita-berita yang belum tentu kebenarannya dan diminta ber-tabayyun atau “crosscheck”.

“Kita jangan terhasut berita-berita yang belum tentu benar,” ujar Agung.

Baca Juga:  Warga Purwakarta Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19, Ini Kata Ambu Anne

Agung juga berharap masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat bisa lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan jelang pemilu ini, terlebih Jawa Barat mempunyai “track record” atau rekam jejak yang baik dalam setiap penyelenggaraan pemilu karena selalu berjalan aman dan damai.

“Tanggal 17 April (2019) kita akan melaksanakan puncak pemilu, pungut suara. Saya mohon juga seperti pada saat Pilkada (2018), kita lebih mengutamakan rasa persatuan sesama masyarakat Indonesia, lebih mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan sesama masyarakat Jawa Barat,” tutur Agung.

“Insya Allah Jawa Barat aman dan kondusif,” ucapnya.

Kegiatan riung mungpulung komunitas otomotif ini mengambil Tema “Ride for Love and Solidarity”. Melalui acara ini diharapkan bisa mempererat tali persaudaraan dan solidaritas untuk mendukung Pemilu Damai 2019.

Baca Juga:  Korban Tewas Kecelakaan Bus di Sukabumi Jadi 21 Orang

Sebelumnya, para peserta deklarasi ini bersama Gubernur Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menggelar konvoi. Konvoi dimulai dari Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta menuju Lapangan Gasibu Kota Bandung.

Kegiatan ini pun mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Konvoi dengan Komunitas Terbesar, yang diikuti 321 komunitas otomotif yang ada di Jawa Barat.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Polda Jabar juga mendapat rekor MURI lainnya, yaitu sebagai pemecah rekor “Rampak Karinding” dengan peserta terbanyak yang melibatkan 1.490 peserta dan rekor Melukis dengan Teknik Airbrush pada jenis kendaraan terbanyak yakni 25 buah kendaraan. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat