Pemkab Sukabumi Genjot Dua Program Prioritas Utama

JABARNEWS | SUKABUMI – Kecenderungan ekonomi Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan disebut menjadi modal utama untuk menyusun strategi mendatang. Terutama jika melihat bahwa peningkatan tersebut hanya ditopang oleh dua motor penggerak, yaitu sektor pertanian dan pariwisata.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pembangunan pertanian dan pariwisata ini terus digenjot karena potensinya masih banyak yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi saat ini memprioritaskan pembangunan ke arah pertanian dan pariwisata karena kabupaten ini mempunyai potensi yang melimpah dari dua sektor bidang ekonomi tersebut,” kata Bupati di Sukabumi, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga:  NBC Indonesia Buka Loker Posisi Operator Produksi, Cek Disini Syaratnya

Menurutnya, pada sektor pariwisata Kabupaten Sukabumi mempunyai segudang objek wisata mulai gunung, rimba, laut, pemandangan, hutan dan lainnya tentunya potensi tersebut harus dimaksimalkan dan pihaknya juga mengkolaborasikan antara pertanian dan pariwisata.

“Kami sangat mendukung pemanfaatan lahan pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian seperti dengan menggunakan pupuk yang ramah terhadap tanah, sehingga kesuburan tanah tetap terjaga dan panen lebih cepat, produksinya melimpah,” tambahnya.

Baca Juga:  Selamat Jalan Kapten Afwan, Dirut Sriwijaya Air: Ini Panutan Kami

Marwan mengatakan pertanian dan pariwisata menjadi unggulan Kabupaten Sukabumi saat dan ia menginginkan warga bisa memanfaatkan potensi yang ada di daerah masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan serta tidak lagi mengandalkan bekerja di pabrik.

Sementara, untuk di sektor pertanian langkah yang dilakukan pihaknya untuk menggenjot produksi adalah membangun infrastruktur lanjutan seperti pergudangan dan akses transportasi pertanian.

“Apalagi saat ini Kabupaten Sukabumi tidak hanya meningkatkan produksi beras saja, tapi tengah mengembangkan tanaman bawang putih dengan menggunakan teknologi pertanian tepat guna melalui pemupukan. Hasilnya pun memuaskan, produksinya meningkat drastis, dan ke depannya Kabupaten Sukabumi bisa menjadi salah satu daerah sentra bawang putih,” jelasnya.

Baca Juga:  Kemendes PDTT Pertahankan Status Badan Publik Informatif, Terima Penghargaan dari Ma'ruf Amin

Selain itu, untuk pemasaran pun sangat mendukung dengan berkembangnya infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat seperti Jalan Tol Bocimi, Jalur Ganda Kareta Api Sukabumi-Bogor, dan dalam waktu dekat juga dibangun Bandara Sukabumi, sehingga akan lebih memudahkan produk pertanian mencapai pasar. (Ara)