Bawaslu Purwakarta Lantik Petugas PTPS

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta melantik 2.635 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin (25/3/2019).

“Hari ini, serentak PTPS dilantik. Proses pelantikannya di 17 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Pelantikannya di masing-masing wilayah Panwascam,” kata Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin, saat dihubungi melalui selulernya.

Dirinya memastikan seluruh petugas PTPS merupakan orang yang netral, yang telah diseleksi sebelumnya.

Apalagi sebelum dilantik, mereka telah mengikuti berbagai tahapan seleksi. Hal itu mulai dari seleksi administrasi serta lainnya.

Tak hanya itu, para petugas PTPS telah membuat surat pernyataan. Hal itu sebagai penekanan terkait netralitas sebagai PTPS.

Baca Juga:  Launching Buku 30 Perempuan Hebat, Emil: Jabar Peduli Perempuan

Tahapan seleksi yang paling krusial bagi calon PTPS ialah yang bersangkutan benar-benar netral, bukan hanya dibuktikan dengan surat pernyataan. 

“Tetapi ada tahapan yang harus dilalui oleh calon PTPS, itu tahapan menerima masukan dan tanggapan masyarakat . Hal itu termasuk tahapan verifikasi faktual oleh pengawas desa/kelurahan bahwa yang bersangkutan benar-benar tidak berafiliasi langsung sebagai anggota atau pengurus partai politik,” kata Ujang.

Dia menambahkan, nantinya setiap petugas PTPS ini akan mengawasi satu TPS. Jadi satu TPS satu pengawas. Jumlah PTPS sesuai jumlah TPS, sebanyak 2.635 petugas.

Baca Juga:  Buka Porpemprov, Aher Apresiasi Prestasi PNS Jabar

“Usai dilantik, para petugas PTPS langsung diberikan bimbingan teknis. Hal itu agar mereka mengetahui tugas dan teknis proses pengawasan di TPS,” ujarnya.

Menurut Ujang, dalam proses pengawasan di tempat pemungutan suara, PTPS menjadi ujung tombak pengawas pemilu. Segala bentuk kegiatan atau proses pemungutan suara yang berada di TPS. 

“Pengawasan menjadi bagian dan kelancaran kegiatan pemungutan suara. Makanya PTPS menjadi ujung tombak pengawasan,” katanya.

Pemilu 2019 ini merupakan yang pertama dilaksanakan secara serentak. Sehingga keberadaan PTPS ini sangat penting dan bukan pelengkap.

Baca Juga:  Bantuan UMKM di Kabupaten Bandung Disunat, Polisi: Pungli Capai Rp804 Juta

Keberadaan PTPS ini bukan hanya sebagai pelengkap di tempat pemungutan suara saja, tetapi keberadaan PTPS adalah urgensi di TPS nanti, penentuan adanya PSU atau tidak PSU tentu atas masukan dan tanggapan dari PTPS.

“Para pengawas TPS yang dilantik hari ini, merupakan orang-orang yang telah memenuhi syarat. Baik dari segi pendidikan maupun usia. Mereka sudah memenuhi minimal berijazah SMA dan berusia minimal 25 tahun,” pungkasnya. (Gin

Jabar News | Berita Jawa Barat