Polda Jabar Ciptakan 3 Rekor MURI

JABARNEWS | BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) berhasil menciptakan tiga rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sekaligus.

Rekor itu diberikan pada Polda Jabar saat acara Ride for Love and Solidarity Riung Mungpulung Komunitas Otomotif 2019, di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Minggu, (24/3/2019) lalu.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol. M. Aries mengatakan, tiga anugerah rekor MURI tersebut adalah Rampak Musik Karinding oleh pemain terbanyak (1490 pemain), melukis dengan teknik air brush pada jenis kendaraan terbanyak (25 kendaraan), dan Touring dengan Komunitas Motor terbanyak (325 komunitas motor).

“Salah satu dari rekor itu menjadi rekor dunia. Yang untuk Rampak Musik Karinding yang dimainkan oleh 1490 pemain itu rekor dunianya. Soalnya, sebelumnya rekor hanya dipecahkan oleh 1.200 pemain saja,” tutur Aries, dilansir dari Merdeka.com, Selasa (26/3/2019).

Baca Juga:  Sudah Tahu? PT KAI Beri Diskon Penumpang Perjalanan Bandung-Jakarta

Tujuan utama digelarnya Rampak Karinding adalah melestarikan seni budaya Jawa Barat. Menurutnya jarang sekali kaum muda atau milenial, mengenal musik Karinding.

“Karinding merupakan musik tradisional dari nenek moyang kita dulu. Makanya kita berupaya dengan adanya pemecahan rekor MURI, alat ini akan tenar kembali, akan menjadi sesuatu yang dibicarakan oleh kaum milenial,” jelasnya.

Selain itu juga menurutnya, dengan viralnya kembali musik Karinding, kaum milenial menjadi penasaran dan ingin mencoba memainkannya.

“Kita tidak hanya semata-mata memecahkan rekor Karinding, tetapi ada tujuan lain. Kalau angklung kan sudah sering dilaksanakan. Bahkan sampai puluhan ribu. Maka Karinding ini yang belum, makanya kita sama komunitas Karinding se Jawa Barat, kumpulkan kita buat rekor MURI,” katanya.

Baca Juga:  Pastikan Pembeli Pilih Hewan Qurban Sehat, Bupati Indramayu: Ada Labelnya

Selain pemecahan rekor rampak Karinding, MURI juga mencatat rekor melukis dengan teknik air brush pada jenis kendaraan terbanyak yang diikuti oleh 22 Polres se-Jabar. Bahkan salah satu kendaraan taktis (Rantis) milik PT. Pindad pun dihias dengan lukisan airbrush.

“Kita juga memecahkan rekor airbrush dengan variasi kendaraan terbanyak. Dengan jumlah kendaraan 25 buah yang di-Airbrush. Kita mengajak seluruh masyarakat terutama kaum milenial, kita sama-sama melestarikan budaya, kemudian kita bersatu padu, supaya kita tidak terpecah-pecah,” jelas Kombes Pol. M. Aries.

Baca Juga:  Catat, Pembatasan Kegiatan Usaha di Kota Depok Diperpanjang

Sementara itu Touring dengan Komunitas Motor terbanyak diikuti sekitar 325 klub otomotif dengan 8 ribu bikers yang ada di Jawa Barat dengan mengambil start dari Mapolda Jawa Barat dan berakhir di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Menurut Kombes Pol. M. Aries, dalam touring tersebut selain diikuti Kapolda Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, juga ikut dalam rombongan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pejabat utama Polda Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi serta para kepala dinas Pemprov Jabar yang ikut serta touring dengan menggunakan sepeda motor.

“Selain melakukan touring keliling Kota Bandung, digelar juga Deklarasi Damai Pemilu di Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Bandung,” ucapnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat