Kasad Jenderal Andika Perkasa Tutup TMMD ke 104 di Bekasi

JABARNEWS | KOTA BEKASI – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 di Lapangan Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, wilayah Kodim 0507/Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).

Upacara penutupan TMMD tersebut sekaligus menandai berakhirnya Program TMMD ke-104 Tahun 2019 yang dilaksanakan selama 30 hari secara serentak di 50 kabupaten/kota di seluruh Nusantara.

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Inf Kristomei Siaturi, pelaksanaan upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0507/ Bekasi itu ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dan penyerahan hasil proyek TMMD, dari Dansatgas TMMD Kodim Bekasi kepada Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang disaksikan langsung oleh Kasad.

Baca Juga:  DPRD Serdang Bedagai Minta Dinas PUPR Perbaiki Jalan Desa Penggalangan

“Selesai upacara, Kasad juga menyerahkan secara simbolis kunci rumah dan memberikan tali asih berupa karpet, sajadah, dan alat olahraga,” ungkap Kapendam Jaya, dilansir dari laman Jpp.go.id.

Ditambahkan oleh Kapendam Jaya, selesai memimpin upacara, Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD dengan didampingi Ketua Umum Persit KCK juga meninjau kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako, pengobatan umum, bazar, dan lomba fotografi TMMD.

Selain itu, menurutnya, TMMD yang diprogramkan tiga kali pada tahun 2019 ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Baca Juga:  Polisi Temukan Fakta Menarik Dalam Kasus Pembunuhan Pria Berinisial S di Tanggerang

Adapun tema yang diangkat pada TMMD ke-104 adalah “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong-Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”.

Melalui tema tersebut, jelas Kapendam Jaya, TNI AD mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi, dan sosial budaya.

“Untuk itulah, selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan TMMD selama ini dilaksanakan di wilayah-wilayah Indonesia dengan berbagai sasaran pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat, baik secara fisik maupun nonfisik.

Baca Juga:  Penataan Wilayah Kuliner Suryakencana Ditargetkan Akhir Tahun Ini

“Di wilayah Kodim 0507/Bekasi sendiri pembangunan sasaran fisik yang dilaksanakan di antaranya perbaikan 10 ruas jalan dengan total panjang 1.618 meter, pembuatan sodetan drainase di Jalan Terusan Bagol, dan renovasi lima unit rumah tidak layak huni,” tambahnya.

Sementara pada sasaran nonfisik, kata Kapendam Jaya, telah dilakukan sejumlah penyuluhan seperti bela negara, wawasan kebangsaan, kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum, Kamtibmas, Narkoba, agama, KB, perikanan/peternakan, lingkungan hidup, PKK, pelayanan publik, serta bahaya terorisme dan paham radikalisme. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat